INTRO : Memahami Konsen API (Aplication Programming Interface)

Baringin
By -
0

    


Dalam era saat ini ada 2 jenis aplikasi yang sangat populer di kalangan masyarakat, yaitu aplikasi berbasis WEB dan aplikasi berbasis Mobile. Dalam pengembangan aplikasi baik aplikasi berbasis web maupun aplikasi berbasis mobile terdapat sebuah konsep yang di kenal dengan API (Application Programming Interface). API memegang peranan penting sebagai penghubung antara client dan server. Dalam API, ada dua konsep yang sering diperbincangkan, yaitu Rest API dan RestFull API. Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Rest API merujuk pada arsitektur yang digunakan dalam pengembangan API, sementara Restful API mengacu pada implementasi spesifik dari arsitektur Rest. 


Apa itu API?

    Sebelum kita membahas tentang Res API ataupun RestFull API alangkah lebih baiknya kita memahami API (Application Programming Interface) itu sendiri. API adalah sebuah mekanisme yang memungkinkan dua komponen perangkat lunak untuk saling berkomunikasi menggunakan serangkaian definisi dan protokol. Contoh penggunaan API adalah Aplika Traveloka. Aplikasi traveloka menyediakan antarmuka untuk mengecek jadwal penerbangan dari berbagai maskapai penerbangan. Anda dapat melihat jadwal berbagai penerbangan di satu aplikasi tampa harus mengunjungi masing-masing situs dari maskapai penerbangan.

     Kata Aplikasi pada API merujuk pada perangkat lunak dengan fungsi yang berbeda. Kata Antarmuka dapat diartikan sebagai kontrak layanan antara dua aplikasi. Kontrak ini menjelaskan cara keduanya saling berkomunikasi dengan menggunakan permintaan (request) dan respons (response). Dokumentasi API keduanya berisi informasi cara developer menyusun permintaan dan respons tersebut.


Bagaimana cara kerja API?

Arsitektur API biasanya dijelaskan dalam kaitannya dengan klien dan server. Aplikasi yang mengirimkan permintaan disebut sebagai klien dan aplikasi yang mengirimkan respons disebut sebagai server. Sebagaimana yang di gambarkan pada contoh di atas

Berdasarkan waktu dan alasan pembuatan, terdapat empat cara kerja API.

1. API SOAP 

API ini menggunakan Simple Object Access Protocol. Klien dan server saling bertukar pesan menggunakan XML. API yang kurang fleksibel ini populer di masa lalu.

2. API RPC

API ini disebut sebagai Panggilan Prosedur Jarak Jauh (Remote Procedure Calls) Klien menjalankan fungsi (atau prosedur) pada server, dan server akan mengirimkan output kembali ke klien.

3. API Websocket

API Websocket adalah pengembangan API web modern lain yang menggunakan objek JSON untuk meneruskan data. API WebSocket mendukung komunikasi dua arah antara aplikasi klien dan server. Server dapat mengirimkan pesan callback ke klien yang terhubung, menjadikannya lebih efisien daripada API REST.

4.API REST

API REST merupakan API yang paling populer dan fleksibel di web saat ini. Klien akan mengirimkan permintaan ke server sebagai data. Server akan menggunakan input klien untuk memulai fungsi internal dan mengembalikan data output ke klien. Lihat API REST selengkapnya di bawah ini.


5 API RESTful?

    API RESTful adalah antarmuka yang digunakan oleh dua sistem komputer untuk bertukar informasi secara aman melalui internet. Sebagian besar aplikasi bisnis harus berkomunikasi dengan aplikasi internal dan pihak ketiga lainnya untuk melakukan berbagai tugas. Misalnya, untuk menghasilkan slip gaji bulanan, sistem akun internal Anda harus berbagi data dengan sistem perbankan pelanggan Anda untuk mengotomatiskan tagihan dan berkomunikasi dengan aplikasi absensi internal. API RESTf.


    Rest API (Representational State Transfer Application Programming Interface) adalah jenis API layanan web yang menggunakan permintaan HTTP untuk melakukan operasi CRUD (Buat, Baca, Perbarui, Hapus) pada data. Ini adalah gaya arsitektur populer yang digunakan untuk membangun sistem terdistribusi di web, memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk berinteraksi dengan aplikasi web secara terprogram. 

    Rest API dirancang agar sederhana dan fleksibel sehingga, memungkinkan pengembang membangun aplikasi yang dapat bekerja di berbagai bahasa dan kerangka kerja pemrograman. Salah satu fitur utama Rest API adalah penggunaan metode HTTP untuk melakukan operasi CRUD. Empat metode HTTP utama yang digunakan dalam Rest API adalah GET, POST, PUT, dan DELETE. 

  • GET digunakan untuk mengambil data dari server, sedangkan 
  • POST digunakan untuk membuat data baru di server, 
  • PUT digunakan untuk memperbarui data yang ada di server,
  • DELETE digunakan untuk menghapus data dari server.


    Fitur kunci lainnya dari Rest API adalah penggunaan resource dan resource identifiers (URI) untuk merepresentasikan data. Di Rest API, setiap sumber daya diwakili oleh URI unik, dan pengembang dapat menggunakan metode HTTP untuk berinteraksi dengan sumber daya ini. Dengan menggunakan sumber daya ini, Rest API adalah instrumen untuk memudahkan developermengatur dan mengelola data dengan cara yang konsisten. 

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)