JAVASCRIPT: Penulisan Sintak dasar JavaScript bagi Pemula

Baringin
By -
0

 


Persiapan
    Nah di artikel ini kita akan belajar membuat program dengan JavaScript bagi pemula. Artikel ini akan membahas tentang software yang dibutuhkan dan sintak dasar bahasa JS. Mari kita mulai ngodingnya. Selamat Mengikuti.
    Sebelum kita mulai terlebih dahulu kita persiapkan:
1. TextEditor, Disini kita menggunakan textEditor VSCode, Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan selera anda.
2. Browser, Kita bebas menggunakan Browser yang kita sayangi.
3. Memahami dasar-dasar html.

 
Penulisan Sintak Dasar 
  Pertama sekali kita buat sebuah folder di Drive dengan nama "JAvaScript". Silahkan Buka textEditor dan buka folder tadi di TextEditor. dengan cara klik Menu File => Open Folder. Pilih folder "JAvaScript" yang telah kita buat tadi.
    Buat file baru di dalam folder tersebut. Beri nama file tersebut dengan nama "latihan1.html". Perhatikan. Format file yang kita gunakan adalah "html".    Buatlah script berikut di dalam file tersebut:
<script>
    console.log("SELAMAT DATANG");
</script>
     Perhatikan pada penulisan JS, kita menggunakan sepasang tag, yaitu tag pembuaka <script> dan tag penutup</script>. Sedangkan sintak JavaScript ditulis diantara tag tersebut. Consule.log merupakan perintah untuk mengkonsul nilai yang di kandung didalamnya.'


Consule
    Consule.log() merupakan metode untuk mencetak pesan atau keluaran dari variabel JavaScript ke consule browser. Untuk melihat hasil dari program yang telah kita buat tadi, anda dapat membuka file ":latihan1.html" dengan menggunakan browser. Halaman browser akan kosong, karena javascript kita berjalan di consule.
    Klik kanan halaman browser tersebut, pilih Inspect Element. Tampil halaman baru di sebelah kanan atau di bawah halaman broser. Silahkan cari menu Consule.





JavaScript di dalam HTML
    Nah, seperti yang sudah kita ketahui bahwa kegunaan dari javascript adalah sebagai pendukung halaman website agar web lebih terlihat menarik. Maka JavaSCript bisa kita tulis di dalam html. Perhatikan penulisannya seperti berikut:
<html>
<head>
    <title>Latihan1 JavaScript</title>
</head>
<body>
    <script>
        document.write("SELAMAT DATANG");
    </script>
</body>
</html>


    Nah silahkan jalankan program di atas dengan browser. Kali ini anda tidak perlu melakukan konsul. Javascript akan langsung berjalan di halaman browser kita.


Penulisan JS secara Terpisah.
    Javascript tidak serta merta ditulis satu dengan file html. Kita dapat memisahnya dari file html. File untuk javascript menggunakan format js.
    Buatlah file baru di dalam folder "JavaScript" tadi dengan nama "latihan.js". Perhatikan disini kita menggunakan format js yang merupakan format dari javascript. Selanjutnya ketikkan sintak berikut:
document.write("SELAMAT DATANG");

    Buatlah file baru dengan nama latihan2.htlm. Berikut sintak programnya:
<html>
<head>
    <title>Latihan1 JavaScript</title>
</head>
<body>
    <script src="latihan.js"></script>
</body>
</html>

    Coba akses kembali file htmlnya. Jika semua berjalan lancar maka tidak akan terjadi masalah bukan. Hasilnya masih sama dengan latihan1 kita yang kita buat sebelumnya.

 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)