Intro : Memahami Konsep OOP dan struktur penulisan pada PHP

Baringin
By -
0

 



Konsep OOP

    Pemrograman berorientasi objek atau dikenal juga sebagai Object Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep pada objek. Objek dapat berisi data dalam bentuk field atau atribut, serta kode atau fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

    Model data berorientasi objek dapat memberi fleksibilitas yang lebih baik serta memberikan kemudahan dalam menggunakan program. Konsep ini digunakan secara luas dalam pembangunan aplikasi atau peranti lunak yang berskala besar. OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

    Ada beberapa istilah di dalam OOP yaitu

class

 Class atau kelas kumpulan data dan fungsi-fungsi yang di kemas dalam suatu unit tertentu. Sebagai contoh 'class hewan' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari hewan. 

    Sebuah class merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). 

    Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

OBjek

    Objek berguna untuk membungkus data dan fungsi yang ada di dalam class. Objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.



Kelebihan Dan Kekurangan OOP

Kapan OOP Bisa Di terapkan Dalam Pemrograman?


Struktur Penulisan OOP di PHP



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)