Codeigniter 4 | PART 2: Cara Memasang CI4 secara Ofline dan Online ( Composer)

Baringin
By -
0

 


Pendahuluan

    Codeigniter merupakan sebuah framework yang bersifat open source. Anda bisa mendapatkan aplikasinya secara gratis pada halaman resmi Codeigniter. Saat ini CI sudah merilis versi terbarunya yaitu versi ke 4.

    Sesuai dengan tujuan pembangunan CI untuk mempermudah pengetikan code program php oleh development, maka versi terbarunya dikembangkan untuk lebih mempermudah lagi dalam pengetikan code. Apalagi CI4 sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih mumpuni.

    Ada 2 teknik di dalam pemasangan Ci-4. Yaiut dengan metode mendownload framework disitus resminya atau kita bisa memasang secara online. Tentu untuk pemasangan secara online kita harus terhubung dahulu ke internet. Oke langkah pertama kita bahas pemasangan CI- Secara Ofline.

    Namun sebelum anda memasang Codeigniter, terlebih dahulu anda harus menginstal server. Anda dapat memilih jenis server yang anda suka, seperti Xampp, WampServer atau sejenisnya. Server tersebut dapat didownload di situs resmi masing-masing. contohnya, disini kita akan menginstal xampp. Silahkan download di https://www.apachefriends.org/download.html.  Cara Instal dan konfigurasi xampp dapat anda lihat disitus berikut: https://barintek.blogspot.com/2023/05/cara-memasang-xampp-di-komputer.html


Install CI-4 Secara Ofline

      Anda dipersilahkan masuk ke situs resmi CI-4 di https://www.codeigniter.com. Pada pojok kanan atas klik tombol Download. Pilih Codeigniter versi ke 4 dan klik download. Besar file cuman kurang lebih sekitar 1 mb.


        File didownload didalam bentuk format rar. Setelah proses Download selesai silahkan extrak file tersebut. Anda dapat mengganti nama folder yang diextrak tersebut sesuai dengan nama yang anda suka. Disini di contohkan nama folder tersebut diganti dengan nama sekolah.

📁Sekolah

    Pindahkan folder tersebut ke dalam server (C:xampp-> htdocs). Jangan lupa untuk menjalankan xampp 



    Buka Browser kesayangan dan akses alamat berikut :http://localhost/sekolah/public. Jika benar maka akan tampil halaman Codeigniter. Jika terjadi error, seperti keluar peringatan " whoops!..."  berarti anda harus melakukan konfigurasi pad xampp. silahkan perbaiki xampp anda. Tutorialnya ada disini:


Pemasangan CI-4 Secara Online/ Menggunakan Composer

    Instalasi CI-4 secara Online dapat menggunakan CMD atau dengan memanfaatkan Composer Git. Bagi anda yang ingin menggunakan Composer dan Git, anda dapat mendownload Git di situs resminya https://git-scm.com. dan mendownload Compser di situs beriut https://getcomposer.org/. Setelah di download anda instal Git tersebut. Disini kita tidak akan membahas cara Instal git.


Langkah Pemasangan dengan GIT adalah:

  1. Masuk ke folder dimana anda menginstal Webserver (Di sini digunakan Xampp). Buka folder "xampp" dan cari folder "htdocs". Buka folder tersebut dan klik kanan di dalam folder htdocs  tersebut kemudain pilih Git Base Here Sehingga muncul terminal Git
  2. Ketikkan code berikut pada terminal git tersebut : "composer create-project codeigniter4/appstarter Sekolah --no-dev". "Sekolah" adalah nama projek kita. Anda dapat menggantinya dengan nama projek yang ingin anda buat.
  3. Tekan enter dan tunggu hingga proses Instal selesai. Jika terjadi error saat pemasangan, berarti terjadi kesalahan pada xampp anda. Anda dapat memperbaikinya dengan membaca artikel berikut ini( Buka Halaman Di sini)

    Lamanya proses download tergantung kepada kestabilan internet anda. Nah, anda bisa ngopi dulu sambil menunggu. 

 Jika proses instal selesai akan tampil seperti berikut



    Nah itulah 2 cara memasang Codeingniter id Windows. Bagaimana, Mudah bukan?!. Jadi jika kita mengikuti tutorial dengan seksama pastinya sangat mudah bagi anda.


Mengakses Halaman

    Setelah proses pemasangan Codeigniter seperti yang di jelaskan diatas telah selesai selanjutnya kita akan menguji apakah codeigniter kita benar-benar telah terpasang dengan baik atau belum. Jadi silahkan di akses folder sekolah dengan cara mengetikkan "cd sekolah" pada composer git tau di CMD  tadi. Sehingga tampilan yang keluar adalah seperti berikut: 

SUPER USER@DESKTOP-61C5VJK MINGW64 /c/xampp/htdocs/sekolah

    Selanjutnya ketikkan perintah: "php spark serve" sehingga muncul

         CodeIgniter development server started on http://localhost:8080

Press Control-C to stop.
[Sat May 27 14:52:55 2023] PHP 7.4.29 Development Server (http://localhost:8080) started

   
     Jika muncul code seperti diatas, anda dapat membuka browser dan ketikkan pada url alamat berikut : "localhost:8080". Akan tampil halaman Codeigniter berarti proses sukses.


    Nah sampai disini kita telah sukses memasang CI4 Di komputer kita. Selanjutnya kita akan mencoba melakukan configurasi terhadap Ci 4 tadi. Tentu materinya berada pada halaman berikutnya. Jadi kunjungi situs kami kembali ya...



Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)