Cara Memasang Xampp di Komputer

Baringin
By -
0

 Pendahuluan

    Server adalah satu perangkat komputer yang memberikan layanan untuk menyimpan, mengelola dan membagi data. Layanan pembagian data yang dilakukan oleh server adalah antar komputer dengan menggunakan jaringan. Server biasanya beroperasi secara terus menerus (24) dan diletakkan di pusat.

    Aplikasi berbasis web merupakan aplikasi yang berjalan antara client-server. Artinya aplikasi ini membutuhkan server di dalam perancangannya. Tentu kita tidak bisa membangu server secara serta merta karena membangun sebuah server membutuhkan perangkat keras dan pastinya mengeluarkan dana.

    Saat ini telah diluncurkan berbagai aplikasi yang bisa menggantikan server. sehingga pc kita sendiri bisa dijadikan client sekaligus dijadikan sebagai server. Salah satu aplikasi tersebut adalah xampp. Apliksi keluaran apache ini dapat di download disitus resminya  https://www.apachefriends.org/download.html


Instalasi Xampp

Silahkan kunjungi situs tersebut dan pilih versi xampp yang sesui dengan pc anda. Disini kita coba download versi terbaru yaitunya ver 8 dengan bit 64 bit.



    Setelah didownload silahkan jalankan aplikasi xampp tersebut. Jika ada tampilan warning klik saja OK dulu. Nanti akan kita perbaiki kesalahannya. Pada halaman yang tampil klik Next


    Dihalaman selanjutnya, anda dapat mencentang komponen yang ingin di instal. Jika anda ragu biarkan saja tercentang semuanya kemudain klik Next


    Tentukan Drive tempat penyimpanan file yang di instal. Secara default disimpan pada drive C: Apabila anda ingin mengganti tempat penyimpanan tinggal klik saja icon folder disebelahnya dan tentukan tempat penyimpanan file. Kalau sudah klik Next.

 


    Pilih bahasa yang diinginkan kemudian klik Next Kembali. Dan klik next kembali untuk memulai proses instalasi. Tunggu beberapa saat hingga instalasi siap.

    Buka drive tempat anda menginsal xampp, cari xampp Control. Klik file tersebut untuk menjalankan xampp.    Anda dapat mengklik Active items untuk menjalankan module, seperti menjalan apache atau mysql.


    Nah, itulah sekilas tutorial memasang Xampp di PC. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.




Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)