Codeigniter 4 | PART 1 : Mengenal Framework Codeigniter

Baringin
By -
0

 


Pendahuluan

 Codeigniter |CI merupakan salah satu Framework yang dirancang oleh Rick Ellis untuk membuat program berbasis web dengan bahasa dasar adalah PHP. CI dikembangan untuk mensederhanakan penulisan code PHP. CI memberikan kemudahan bagi developer di dalam merancang sebuah projek berbasis web.

    Setelah vakum beberapa saat, akhirnya CI mulai merilis versi terbarunya yaitu  CI-4 yang lebih mudah dan lebih sederhana dari versi pendahulunya. Perkembangan CI-4 lebih memfokuskan pada struktur program berbasis OOP. Bagi anda yang terbiasa menggunakan CI 3 barang kali anda perlu mempelajari lebih dalam CI-4 karena banyak perbedaan yang menonjol di versi 4 ini.

    Sedangkan bagi anda yang pemula dapat mempelajari CI-4 tampa perlu mempelajari versi sebelumnya. dan bagi anda yang berpindah cari CI-3 ke CI-4 akan merasakan kemudahan dan betapa singkat sintak program yang harus anda ketikkan.


Kelebihan Framework Codeigniter

    Sekalipun saat sekarang ini sudah bermunculan berbagai framework yang menandingi CI, tentu CI memiliki kelebihan dari framework lainnya. Antara lain kelebihan yang dimiliki oleh CI yang dirasakan adalah:

  1. Mudah Dipelajari dan sangat sederhana
  2. Memiliki ukuran yang relatif kecil sehingga tidak mengganggu proses loading.
  3. Diberikan kebebasan kepada developer untuk dapat memodifikasinya.
  4. Stabil dan sangat cepat.
  5. Berdiri sendiri tampa bergantung pada fitur lainnya sehingga CI sangat fleksibel.
  6. Memiliki penanganan Error yang sangat Baik.
  7. CI-4 Sudah memiliki keamanan yang sangat ketat.
  8. Kerapian di dalam arsitektur code.
  9. Struktur penulisan code Berbasis MVC.

    

Kekurangan Framework Codeigniter.

Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh CI tentu ada kekurangan yang dimilikinya. Karena tidak ada program yang sempurna

  1. Codeigniter tidak dituju untuk membuat program berskala besar
  2. Memiliki library yang sangat terbatas.
  3. Tidak memiliki Editing khusus sehingga dalam mengoperasikan CI harus berpindah-pindah modul.

    

    Nah, dari kekurangan yang dimiliki oleh CI bagi penulis sendiri tidak begitu menjadi kendala. Jika kita ingin membuat projek dengan skala menengah kebawah, penulis sangat menganjurkan menggunakan framework ini. 


Fitur-Fitur Codeigniter

Frameword CI disediakan bersifat opensource yang dapat di download secara gratis di situs resminya https://www.codeigniter.com.  Codeigniter hadir dengan berbagai fitur yang sangat membantu par developer di dalam pembuatan projek. Berikut fitur-fitur CI:

1. Bersifat MVC

    Model  View  Controller architecture | MVC merupakan praktik standar sebuah industri saat bekerja membuat sebuah aplikasi. MVC berfungsi untuk memisahkan data, logika bisnis, dan presentasi dalam aplikasi.

2. Built-In-Library

    Fitur ini memberikan kemudahan pada pengguna di dalam pengembangan aplikasi karena fitru ini menyediakan berbagai solusi, tutorial, petunjuk dan buku untuk membangun aplikasi dengan CI.  CI Menyediakan dokumen yang memandu pengguna.

3. Extremely light weight

    Waktu yang digunakan oleh Codeigniter cenderung lebih cepat dari pada framework lainnya. Kelebihan ini memberikan nilai tambah pada framework ini.

4. Source code yang kecil

    Saat kamu membangun sebuah aplikasi secara profesional, CI merupakan pilihan terbaik. Source code yang relatif kecil sangat membantu developer.


Syarat Mempelajari Framework CI

    Bagi anda yang berminat untuk mempelajari CI ada bebera syarat yang harus dimiliki:

  1. Memahami dasar-dasar html, php, javascript dan css
  2. Memahami konsep OOP.

Nah itulah sedikit seputar Codeigniter yang barang kali perlu diketahui untuk memulai mempelajari framework ini.  Bagi anda yang berminat mempelajari framework ini kami menyediakan tutorial. Silahkan diikuti.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)