Memahami Framework di dalam Pemrograman

Baringin
By -
0


 



Tentang Framework Website
   
     Bagi anda yang ingin mendalami pemrograman khususnya di bidang website maka adan harus memahami berbagai bentuk program mulai dari bentuk terstruktur hingga program berbasis Objek. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan program banyak perusahaan yang mencoba mengembangkan sebuah framwork untuk mempermudah para programer di dalam membuat program.
    Apa itu Framework. Bagi anda yang menekuni developer tentu tidak asing lagi mendengar istilah ini. Jika anda tidak tahu maka anda sudah kelewatan sekali. Maka kami coba menedefenisikan kembali tentang framework.
    Framework di dalam dunia pemrograman merupakan kerangka kerja yang dapat membantu developer untuk membuat sebuah projek. Framework membantu programer didalam membuat code-code sehingga pembuatan projek akan lebih cepat dan mudah.


Manfaat Menggunakan Framework
    Apa sih manfaatnya jika kita membuat program menggunakan sebuah framework? Tentu setiap sesuatu yang diciptakan ada tujuan dan manfaat. Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika kita membangun sebuah projek dengan framework. Berikut manfaatnya:

1. Membuat code program lebih rapi dan terstruktur
    Hal yang utama dan terpenting yang perlu diperhatikan oleh seorang developer saat buat program adalah kerapian penulisan program. Program yang rapi akan memudahkan developer untuk memeriksa kesalah yang terjadi pada program. 

2. Memberikan keamanan
    Sebuah aplikasi yang dirancang, baik bersifat ofline terutama sekali yang bersifat online sangat membutuhkan keamanan. Keamanan didalam sistim digunakan untuk membatasi hak akses pada user. Tentu dapat anda bayangkan anda merancang sebuah aplikasi pembuatan untuk sebuah keamanan sangatlah rumit. Framework membantu anda di dalam membuat keamanan aplikasi yang anda bangun.

Mempercepat pembuatan projek
    Framework yang sudah menyediakan code-code yang dapat dipakai sangat memudahkan bagi developer. Sebab developer tidak perlu mengetikkan code dari awal lagi. Begitu juga untuk membuat GUI, User hanya perlu darg & rop saja.

Memudahkan di dalam pemeliharaan dan perawatan sistim.
    Code-code yang sudah tersusun rapi dan menggunakan module akan membantu developer untuk melakukan perawatan. Developer tidak perlu mengotak atik ke semua code atau Design projek.


Jenis-Jenis Framework
    Dilihat dari jenisnya, framework dapat kita bagi seperti berikut:
  • Desain GUI
  • Framework Library
  • Framework Program
    Dalam sebagian frameword sudah mencakup ke 3 jenis diatas. Namun ada juga framwork yang hanya mencakup pada satu jenis saja. Framework yang mencakup satu jenis saja sering kita jumpai pada framework untuk pembuatan website. Framewrok untuk pembangun website dapat dikelompokkan seperti berikut:

1. Desain GUI (CSS)
2. Library (Javascript)
3. Program (PHP)
    
Nah itulah jenis framework yang diguankan untuk membangun halaman website. Jika anda ingin merancang sebuah projek silahkan tentukan framework yang akan digunakan. 

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)