JAVASCRIPT: Bagaimana Menampilkan Nilai Variabel di JavaSCript?

Baringin
By -
0

 


    Nah, Di materi sebelum kita sudah belajar bagaimana teknik menulis javascript dan cara menampilkan ke browser menggunakan consule ataupun document. Dimateri ini kita akan membahas bagaimana menampilkan isi dari sebuah variabel java script. Variabel merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menampung sebuah nilai. Variabel di ibaratkan seperti pot bunga yang berisi bunga. Berikut kita berikan contohnya, nama= "Muhammad ";. "nama" merupakan sebuah variabel yang memiliki nilai "muhammad. Varibel berisikan sebuah string/text nummber/angka, objek, array dan sebagainya. 

    Penulisan sebuah variabel di Javascript  di awali dengan kata kunci atau keyword. Ada 3 jenis penulisan keyword tersebut yaitu:


Deklarasi Variabel dengan VAR

 VAR merupakan keyword untuk mendeklarasikan variabel di javascript. Keyword ini merupakan keyword pertama sekali digunakan di javascript. Penulisan keyword "var" yang kemudian di ikuti oleh variabel itu sendiri dapat dilihat pada contoh:

    <script>
        var nama ="Abu Bakhar Ash Shidiq";
        var usia =36;

       document.write("Nama :" + nama);
       document.write("<br> Usia :"+ usia + "Tahun");
    </script>

    Perhatikan pada awal penulisan terdapat key var akan mendeklarasikan variabel nama sehingga variabel tersebut dapat dikenali oleh program. Sekarang coba anda buat program dengan 2 variabel yang sama seperti berikut:

        var nama ="Abu Bakhar Ash Shidiq";
        var nama = "Umar Bin Khotab";

    Perhatikan saat program di jalankan. Tidak terjadi error bukan? Ini merupakan suatu hal yang tidak dibenarkan di dalam penulisan variabel dimana di dalam satu file terdapat 2 variable yang sama. Oleh sebab itu keyword var di ganti menjadi keyword let.


Deklarasi Variabel dengan LET

Selain kata kunci "var", kita juga bisa menggunakan kata kunci "let". kita coba mengecek program diatas tadi, perhatikan:

    <script>
        let nama ="Abu Bakhar Ash Shidiq";
        let nama = "Umar Bin Khotab";

       consule.log("Nama :" + nama);
       console.log("<br> Usia :"+ usia + "Tahun");
    </script>

    Terdapat 2  variabel yang sama pada program di atas. Kita sengaja menggunakan konsule agar bisa mengecek error program. Silahkan di jalankan program akan error, hal ini terjadi karena ada 2 variabel yang sama di dalam satu file. Anda dapat menulis variabel seperti berikut:

    <script>
        const nama0 ="Abu Bakhar Ash Shidiq";
        const nama1 = "Umar Bin Khotab";
       consule.log("Nama :" + nama);
    </script>


    Untuk saat ini kita tidak dianjurkan lagi menggunakan key var karena dianggap tidak evesien lagi didalam mendeklearsikaan variabel. Seperti, anda dapat menulis variabel yang sama di dalam sebuah file. Padahal hal ini tidak dibenarkan di dalam bahasa pemrograman.  Jadi untuk mengatasi hal tersebut maka di gunakanlah keyword "let".

let merupakan perbaikan dari keyword "var" yang di anggap lebih baik dan evesien dari "let". Artinya anda lebih di anjurkan menggunakan keyword "let". 


Deklarasi Variable dengan CONST

Apabila var dan let dapat melakukan perubahan isi suatu variable maka const tidak dapat melakukannya. Karena const sesuai dengan singkatannya yakni konstanta yang berarti tetap. Contoh penulisannya:

const nama = "Ali bin Abi Tholib";

    Maka nilai dari variabel nama tidak dapat di rubah lagi.

    Namun terdapat pengecualian terhadap tipe data object (array dan object). Variable const akan mengijikan untuk melakukan perubahan data sesuai dengan method yang telah disediakan oleh array maupun object dan ini disebut dengan mutable.

 

Bagaimana Aturan Penulisan sebuah Variable?

    Selain di awali dengan keyword yang telah di sebut diatas, ada beberapa aturan di dalam penulisan variabel seperti berikut:

  • Tidak boleh diawali dengan angka atau simbol seperti "12Bulan".
  • variabel bersifat case sensitive, artinya di dalam penulisan variabel huruf kapital dianggap berbeda. Contoh "Nama" tidak sama dengan "nama",
  • Tidak boleh menggunakan space, contoh "Nama Lengkap"
  • Di dalam satu file tidak boleh menggunakan variabel yang sama.

    Demikianlah pembahasan tentang variabel. Semoga bermanfaat.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)