PEMOGRAMAN DASAR: Jenis-Jenis Operator dalam Bahasa Pemrograman (Bag 8)

Baringin
By -
0

  Pada materi sebelumnya kita sudah membahas tentang operator untuk aritmatika. Operator aritmatika terdiri dari dua jenis. Silahkan kunjungi kembali halaman website sebelumnya untuk melihat operator tersebut. Klik disini.  Sekarang kita akan melanjutkan jenis-jenis opearator yang ada di dalam bahasa pemrograman. Mari kita pelajarai.



    Sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa operator merupakan komponen yang di gunakan untuk melakukan proses antara dua buah nilai yang dimiliki. nilai tersebut kita sebut sebagai operan. Ada beberapa jenis operator yang dikenal di dunia per programan. 

Jenis-Jenis Operator
    
    Ada beberapa jenis operator yang terdapat di dalam bahasa pemrograman. salah satunya telah kita kupas pada materi sebeblumnya.

1. Operator Aritmatika
Operator aritmatika merupakan operator yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika, seperti penjumlahan atau pengalian. Berikut bentuk operator aritmatika.


Operator aritmatika telah dibahas pada materi khusus sebelumnya. silahkan baca materi tentang aritmatika. 


2. Operator Penugasan (Assignment)
    Operator penugasan (Assignment Operator) merupakan operator untuk memberikan tugas pada variabel. Biasanya untuk mengisi nilai. Operator assignment adalah operator untuk memasukkan suatu nilai ke dalam variabel. operator assignment menggunakan tanda sama dengan ( = ).

    Pembacaan operasi assignment dilakukan dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan seperti yang biasa kita pahami dalam matematika. Operator Penugasan terdiri dari beberapa jenis seperti berikut:



Contoh program

kalau dilihat pada proses terdapat rumus a+=b, maka rumus ini sama dengan hasil=a+b. 

Jika kita input nilai a=30 dan nilai b=20, maka didapat hasil = 30+20 dengan hasil 50.


3. Operator Pembanding
Operator pembanding adalah operator untuk membandingkan dua buah nilai. Operator ini juga dikenal dengan operator relasi.  Operator pembanding dipakai untuk membandingkan dua buah nilai. Hasil perhitungan menggunakan operator ini adalah True yang disimbolkan nilai 1 dan False dengan simbol 0. Berikut ini jenis-jenis operator perbandingan:


Contoh program:

Jika kita input nilai bilangan 1 dengan niali 30 dan kita input bilangan ke 2 dengan nilai 20, maka didapatkan hasil pelacakan seperti beriku:
        hasil 30 > 20. 
saat program dijalankan akan tampil nilai hasil adalah 1 (true).


4. Operator Logika
    Operator logika digunakan untuk membuat operasi logika. Operator logika menghasilkan dua nilai, yaitu  True atau False.

Contoh program:

    Prorgam diatas akan dilakukan logika denganoperator &&. Artinya A dan B memiliki nilia yang harus dipenuhi.  Jika dijalankan akan menghasilkan nilai true/1. 

5. Operator Bitwise
    Bitwise adalah operator khusus untuk menangani operasi logika bilangan biner dalam bentuk bit. Bilangan biner sendiri merupakan jenis bilangan yang hanya terdiri dari 2 jenis angka, yakni 0 dan 1. Jika nilai asal yang dipakai bukan bilangan biner, akan dikonversi secara otomatis oleh compiler C++ menjadi bilangan biner. Misalnya 7 desimal = 0111 dalam bilangan biner.
    Operator Bitwise memang jarang dipakai, namun operator ini berfungsi untuk memanipulasi data bit.



Demikianlah materi kita tentang operator. semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin anda komentari.. Terimakashi.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)