Decesion atau dikenal juga dengan istilah percabangan merupakan satu materi pemrograman yang sangat penting untuk dipahami. Karena di dalam program komputer akan terdapat beberapa keputusan yang memaksa sistim harus memilih salah satu keputusan tersebut.
Percabangan, ekspresi percabangan, dan konstruksi percabangan adalah suatu fitur dari bahasa pemrograman yang melakukan perhitungan atau tindakan yang berbeda. Tergantung pada apakah kondisi boolean yang ditentukan pemrogram mengevaluasi benar atau salah. Pada percabangan ini sistim akan melakukan pengecekan satu persatu sehingga di temukan kondisi yang sesuai. Jika kondisi yang sesuai telah ditemukan maka sistim akan melakukan eksekusi terhadap statement atau sistim akan mengambil sebuah keputusan.
Percabangan merupakan suatu kontrol untuk menemukan suatu keputusan atau solusi. Percabangan hanya mengelola data yang bersifat benar, sedangkan data yang bersifat salah tidak akan di kelola oleh sistem. Sistim hanya akan meneksekusi data yang benar saja sesuai dengan kondisi yang di cek oleh sistem itu sendiri.
Bentuk Flowchar dari logika atau disebut juga blog percabangan adalah:
Berdasarkan gambar flowchar dapat dipahami bahwa simbol dari blok percabangan adalah berbentuk belah ketupat. Kondisi yang terjadi di blok percabangan ini adalah Benar dan Salah.
Jika kondisi Benar maka akan diberikan Statement, sedangkan jika kondisi salah maka logika akan menuju perhentian logika (Selesai).
Bentuk penulisan program logika percabangan adalah:
if(Kondisi){
Statement
}
Jenis Logika Percabangan IF
Ada beberapa jenis logika untuk percabanga if. Berikut dapat kita lihat uraiannya:
1. Percabanga Tunggal
Percabangan tunggal adalah percabangan yang memiliki pengecekan satu kali terhadap kondisi. Nilai yang di miliki True atau False saja. Artinya logka IF yang dimiliki pada percabangan hanya satu logika IF saja. Percabangan IF tunggal merupakan percabangan yang hanya memiliki satu blok pilihan saat kondisi bernilai benar.
Contoh: Jika sebuah Aplikasi dibuka maka akan ditampilkan text "Hello, Selamat Datang"
Bentuk Penulisan Program dan Flowchar:
#include<conio.h>
#include<iostream>
using namespace std;
char masuk ='Y';
int main(){
if(masuk=='Y'){
cout <<"HELLO, SELAMAT DATANG";
}
}
2. Percabangan IF ELSE
Pecabangan dengan IF ELSE adalah percabangan yang memiliki dua blok atau lebih dimana ditemukan beberapa keputusan tergantung nilai kebenaran yang didapat. bentuk penulisan dari percabangan dengan 2 tingkat adalah adalah.
if(kondisi){
Statement 1
}else{
Statemetn ke 2
}
Selain itu percabangan ini bisa memiliki lebih dari du tingkat, contohnya dapat kita lihat seperti berikut ini:
if(kondisi){
Statement 1
}else if(kondisi 2){
Statement ke 2
}else if(kondisi n){
Statement ke n
}else{
Statement
}
Bentuk penulisan kedua sintak diatas dapat dilihat bahwa pada akhir kondisi tidak digunakan sintak if lagi. Kondisi terakhir cukup ditentukan statement tampa membuat kondisi.
3. Percabangan Bertingkat
Percabangan bertingkat merupakan percabangan dimana didalam percabangan tersebut terdapat lagi percabangan. Perhatikan bentuk flowchar berikut:
Flowcar tersebut dapat menjelaskan bahwa di dalam percabangan bertingkat, Jika kondisi pertama terpenuhi dan bernilai True maka akan lanjut kepada pengecekan kondisi kedua. Namun jika kondisi tidak terpenuhi dan kondisi pertama bernilai False maka akan diberikan statement.
Mari kita buat sebuah contoh kasus:
Kasusu:
Input
berupa user dan password
Proses:
Jika User = 'admin' maka akan di cek password
Jika passwor = 'admin'
maka Keterangan "Login Sukses"
Jika Passwor != "admin"
maka Keterangan "Password Salah"
Jika User != "admin"
maka Keterangan "User Salah"
Dari kasus diatas mari kita lihat flowcharnya:
Dari Flowchar diatas mari kita lihat bentuk penulisan programnya:
#include <iostream>using namespace std;//variablestring user, pass, ket;int main(){cout << "HALAMAN LOGIN";cout << "\n ==============\n";//inputcout << "Input Username :"; cin>>user;cout << "Input Password :"; cin>>pass;//prosesif(user=="admin"){//cek passworif(pass=="admin"){ket="Sukses";}else{ket="Password Salah";}}else{ket ="Username Salah";}cout << ket;//outputreturn 0;}
Nah dapat kita lihat bagaimana sistim melakukan pengecekan terhapat program kita. Percabangan yang berada di dalam percabangan tidak akan di eksekusi jika kondisi percabangan pertaman bernilai false.
Penutup
Terdapat bentuk logika yang memiliki keputusan berbeda-beda. Oleh sebab itu di perlukan gambaran logika tersebut yang di kenal dengan sistem percabangan/Decesion pada bahasa pemrograman. Selanjutnya kita dapat melihat jenis percabangan yang lainnya pada artikel yang berbeda pula.