Daur Hidup Activity : PART 3| Memahami INTENT Sebagai Jembatan Antar Activity | EXPLICIT

Baringin
By -
0

 




Intent Explicit

    Intent Explicit: Berfungsi melakukan perpindahan activity (halaman) ke activity (halaman) lainnya. Explicit intent bekerja dengan menggunakan nama kelas atau hanya dengan activity saja. yang dituju, misal com.dicoding.activity.DetailActivity. Umumnya intent ini digunakan untuk mengaktifkan komponen pada satu aplikasi.
    Intent Explicit: Berfungsi melakukan perpindahan activity (halaman) ke activity (halaman) lainnya. Explicit intent bekerja dengan menggunakan nama kelas atau hanya dengan activity saja. yang dituju, misal com.dicoding.activity. DetailActivity. Umumnya intent ini digunakan untuk mengaktifkan komponen pada satu aplikasi.
    Sekarang coba buka file activity_main.xml dan tambahkan komponen button seperti berikut ini:
<Button
android:id="@+id/btn_dial_number"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginBottom="16dp"
android:onClick="pindah_activity"
android:text="Activity ke 2" />
    Perhatikan, pada attribut button tersebut terdapat sebuah attribut onClick. Attribut ini nanti akan kita gunakan untuk membuat function di program kotlin.
    Nah disini kita akan membuat teknik intent. Ada 2 jenis teknik perpindahan:

1. Memanggil Layout 
     Yang di maksud memanggil layout disini adalah, intent menjembatini perpindahan layout tampa mengakse file program kotlinnya. Ada beberapa langkah yang kita lakukan


Membuat Activity ke 2
    Karena konsep intent Explicit adalah pemanggilan activity yang lain, tentu kita perlu membuat file xml yang ke dua. Pembuat file activity ke dua dapat anda lakukan dengan cara buka root app=>> res => layout. Kemudian klik kanan pada folder layout tersebut dan pilih  new->xml->Layout XML File. Perhatikan gambar berikut:


    Beri nama activity dengan "activity_2". Ingat nama activity tidak boleh mengandung huruf kapital dan space. Jika sudah klik Finish.


    Perhatikan folder layout tadi, sekarang kita memiliki file baru dengan nama activity_2.xml. Silahkan buka file tersebut dan perhatikan code di dalamnya. Layout yang di gunakan biasanya adalah LinearLayout. Namun jika anda memiliki layout yang berbeda tidak masalah. Sekarang tambahkan sebuah komponen ke dalam activity_2.xml. Komponen yang di tambah adalah TextView. Perhatikan code dibawah ini

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent">
<TextView
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Ini Halaman Activity ke 2"/>
</LinearLayout>

    Sekarang kita masuk ke file MainActivity.kt. Kita buat sebuah function di dalamnya dengan nama yang sama dengan nama onClick yang ada di komponen button. Yaiut "pindah_activity". Berikut penulisan programnya. 

class MainActivity : AppCompatActivity() {
override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
super.onCreate(savedInstanceState)
setContentView(R.layout.activity_main)
}
fun pindah_activity(){

}

}

    Selanjutnya kita buat intent di dalam function tersebut. Scritp ini akan langsung memanggil layout activity_2.xml. Perhatikan code berikut:

fun pindah_activity(){
setContentView(R.layout.activity_2)
}




2. Perpindahan dengan menggunakan class.

    Nah jika di atas perpindahan dengan memanggil layout langsung, sekarang kita akan melakukan perpindahan dengan memanggi class dari layout. Projek ini masih ke lanjutan projek yang pertama tadi. 


Buat Class Baru

Masih di projek yang sama silahkan masuk ke root App => res => Kotlin + Java => com.example.namaProjek kemudian klik kanan pada folder tersebut dan pilih new=> Activity =>Empty Activity.


    Seperti langkah sebelumnya, Anda dapat mengganti name untuk activity ke dua dengan nama "MainActictiy2". Kemudian tentukan Language /KOTLIN/Java. Sedangkan untuk konfigurasi yang lain biarkan saja dan klik finish jika sudah selesai:


Perhatikan terdapat dua file tambahan di halaman kerja kita. Yailtu activity_main_2.xml dan Main2Activity.java/Main2Activity.kt.


Masuk ke MainActivity.java dan tambahkan code berikut:

JAVA

public void pindah_Activity(View v){
Intent i = new Intent(MainActivity.this, MainActivity2.class);
startActivity(i);
}
sedangkan pada KOTLIN:
fun pindah_activity(view: V) {
val i = Intent (this, ActivityMain2::class.java)
startActivity(i)
}

    Code MainActivity.thismerupakan code yang menjelaskan class yang sedang aktif, sedangkan code Main2Activity.class menjelaskan class yang dituju.

Sekarang Coba jalankan projek anda


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)