Software Yang Direkomendasikan Untuk Aplikasi Android yang Open Source.

Baringin
By -
0

Pendahuluan



     
    Di artikel sebelumnya kita sudah membahas sekilas tentang android, sejarah versi dan lainnya dan apapun yang berhubungan dengan android. Kita juga sudah memahami bahwa android bukanlah sebuah ponsel akan tetapi sebuah sistim operasi yang berjalan di smartphone. Nah, artikel kali ini kita akan membahas tentang software yang digunakan untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di SO Android.

   Bagi anda yang tertarik untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di SO android dan bingung untuk memilih softwarenya yang   bagus untuk digunakan, berikut kami rekomendasikan software untuk membuat aplikasi berbasis android. Tentu jenis framework yang telah di buat untuk pengembangan aplikasi berbasis android sangatlah banyak yang tidak dapat di sebutkan satu persatu di artikel ini.


Software Membuat Aplikasi Android 

1. Android Studio

    Android Studio adalah perangkat lunak IDE (Integrated Development Environment) yang  resmi dimiliki oleh Google untuk merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis Android. Android Studio menyediakan fitur-fitur yang dapat kita gunakan untuk mempermudah dan menjadi produktif saat mengembangkan aplikasi berbasis Android.

    Android Studio memiliki emulator kaya fitur. Lingkungan pengembangan terpadu untuk semua perangkat Android Instant Run untuk mendorong perubahan pada aplikasi yang sedang berjalan tanpa membuat APK baru Template kode dan integrasi GitHub untuk membangun fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode sampel.

    Android Studio mendukung pengembangana android menggunakan bahasa pemrograman Java, Kotlin dan C++. Aplikasi android studio bersifat open source. Anda dapat mendownload Android Studio dengan mengklik tautan ini: https://developer.android.com/studio/?hl=en.


2. Eclipse

    Software yang kedua yang di rekomendasikan adalah Eclipse. Menurut Wikipedia, Eclipse adalah IDE yang dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi di semua platform (multi-platform). Eclipse dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Namun, Eclipse juga mendukung pengembangan aplikasi dengan bahasa pemrograman lain. Misalnya: C, C++, Python, Perl, Php dan lain-lain.

Eclipse sendiri bersifat open source dan memiliki banyak plugin seperti Android Studio. Anda dapat mengunduh Eclipse dari tautan ini: https://www.Eclipse.org.


3. Xamarin




    Selanjutnya software yang direkomendasikan adalah Xamarin. Jika Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman C#, tidak salah jika anda memilih Xamarin. Software  ini dikembangkan oleh Xamarin Inc, dimana IDE ini digunakan untuk membuat aplikasi lintas platform (Android, iOS dan Windows Phone) dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Ada dua IDE pada Xamarin, yaitu: Xamarin terintegrasi dengan Visual Studio Xamarin Studio.

    Perbedaannya yaitu jika pengembang sudah familiar dengan OS Windows dan Visual Studio, sebaiknya menggunakan Xamarin terintegrasi dengan Visual Studio, tetapi jika pengembang menggunakan Mac OS , disarankan untuk menggunakan Xamarin Studio.


4. Netbeans



    Netbeans tidak hanya menawarkan antarmuka berbasis descop, namun sekarang netbeans sudah dapat membuat antarmuka berbasis android. IDE yang digunakan oleh netbeans untuk mengembangkan aplikasi menggunakan Java, C++, PHP dan bahasa pemrograman lainnya. Netbeans bersifat open source jadi anda dapat mengunduh NetBeans di sini: https://netbeans.org.




5. Apache Cordova

    Terakhir yang kami rekomendasikan adalah Apache Cordova. Apache sebelumnya adalah Cordova PhoneGap. Apache Cordova adalah framework untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis Android, IOS dan Windows Phone. Apache Cordova memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi menggunakan HTML 5, CSS3 dan Javascript. Hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman web kita dapat membuat aplikasi mobile yang dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda yaitu Android, IOS dan Windows Phone. Silakan unduh Apache Cordova dari tautan ini: https://cordova.Apache.org


6. React Navite

React Native adalah software pembuat aplikasi android yang bisa anda gunakan untuk membuat aplikasi smartphone yang mendekati dengan aplikasi native. Software ini bisa membuat aplikasi untuk android dan iOS dengan mudah di waktu yang bersamaan.


7. MIT App Inventor

Software pembuat aplikasi android selanjutnya yaitu MIT App Inventor yang cocok digunakan bagi pemula. Software ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan, serta menggunakan block-based programming tool.


8.Unity

Unity adalah software pembuat aplikasi android yang paling tepat untuk membuat aplikasi game. Software ini dapat anda gunakan di berbagai macam sistem operasi, seperti Linux, Windows dan juga MacOS.


9. Ionic

    Ionic atau juga dikenal dengan Ionic Framework adalah framework atau software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile hybrid.    Dengan begitu, kamu hanya butuh membuat aplikasi satu kali untuk langsung merilisnya di berbagai platform.

    Software ini dibangun di atas AngularJS dan Apache Cordova. Selain itu, Ionic dilengkapi dengan komponen CSS seperti button, list, form, grids, tabs, dan lain-lain, serta HTML5 dan Sass.


    Itulah 5 Software open source yang kami rekomendasikan bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi berbasis android. Masih banyak software lain yang digunakan untuk aplikasi android. Jadi jika anda tertarik salah satu yang kami rekomendasikan silahkan kunjungi web resminya.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)