PEMULA: Instal Laravel 11 dengan Composer

Baringin
By -
0

 Pendahuluan


    Saat artikel ini di tulis laravel sendiri telah merilis versi ke 11 dengan konsep penyederhanaan di beberapa fitur laravel.  Sedangkan untuk menjalankan Laravel 11 kita perlu menggunakan minimal php versi 8.2.  Bagi anda yang belum menginstal php versi 8.2 keatas diharuskan untuk memasang terlebih dahulu sebelum lanjut memasang Laravel. Jadi pada tutorial ini kita akan menggunakan laravel 11 tersebut dengan php versi 8.3.

    Karena Web merupakan proses pengiriman data dari client ke server atau sebaliknya maka kita juga membuatuhkan server local di dalam pengembangannya. Sebelum kita memasang laravel di PC terlebih dahulu ada beberapa software yang harus kita instal di PC. Berikut beberapa software yang kita persiapan:


A. Install Composer
    
    Dikutip dari wikipedia.com, Composer adalah aplikasi manajer paket untuk bahasa pemrograman PHP yang menyediakan format standar untuk mengelola dependensi PHP dan pustaka-pustaka yang diperlukan. Composer dikembangkan oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano, yang terus mengelola proyek. Mereka mulai pengembangan pada bulan April 2011 dan merilis Composer pertama kali pada tanggal 1 Maret 2012. Composer sangat terinspirasi oleh package manager Node.js "npm" dan Ruby "bundler".

    Composer merupakan tools dependency manager pada PHP, Dependency (ketergantungan) sendiri diartikan ketika project PHP yang dikerjakan masih membutuhkan atau memerlukan library dari luar. Composer sendiri berfungsi sebagai penghubung antara project PHP  dengan library yang dibutuhkan. 
   
     Untuk instalasi composer sebetulnya sudah dijelaskan secara rinci pada website resminya. Untuk mengetahui tentang panduan dan cara instalasinya. Kamu bisa mengunjungi laman resminya di getcomposer.org. Anda dapat mengunjungi situs resminya tersebut dan pelajari cara menginstall composer, sebab pada materi ini anda wajib menginstall composer tersebut.


2. Install Web Server Local

    Saat ini ada banyak jenis software yang di gunakan sebagai web server local yang sangat memudahkan para development di dalam merancang atau mengembangkan aplikasi mereka. Salah satu software yang di sediakan dan laris di indonesia adalah Xampp. Anda dapat mendownload software ini secara gratis di situs resminya. https://www.apachefriends.org/download.html. Anda perlu mendownlod xampp versi 8.2, atau lebih tinggi dari versi tersebut.
    XamPP dipilih karena saat ini di Indonesia sendiri masih banyak yang menggunakan software ini. Bagi anda yang sudah hijrah ke software lain juga tidak masalah dan disini kami sangat menyarankan anda menggunakan Laragon. Selain stabil, Laragon juga sangat mudah di operasikan. Kita akan membahas Laragon pada pertemuan selanjutnya.

    Setelah selesai mendownload dan menginstal Xampp di PC atau Laptop, kita perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu pada software tersebut. Kalau tidak maka Laravel tidak akan terhubung ke software ini.

    Silahkan buka Xampp  yang telah terinstal di PC anda kemudian lakukan langkah berikut:

  • Pada Apache silahkan pilih button Config 
  • Kemudian pada menu dropdown yang tampil pilih "PHP.ini". Kita akan melakukan sedikit perubahan pada file ini.



  • Di dalam file PHP.ini silahkan cari script berikut “;extension=zip”.  Script tersebut akan kita rubah menjadi  “extension=zip” dengan menghilangkan tanda titik koma di awalnya.
  • Terakhir simpan perubahan file tadi dan Runing XamPP anda.

   Nah, sekarang kita sudah siap untuk memasang Laravel terbaru di PC kita. Namun sebelumnya pastikan kita sudah punya VsCode sebagai texteditor. Jika mau anda bisa menggunakan texteditor yang lain, kalau belum ada texteditor VcCode anda dapat mendownload dan memasangnya juga. Karena kita akan mendownload laravel melewati terminal VsCode ini.


Pemasangan Laravel 11

    Sekarang kita berada pada tahap instalasi laravel 11. Namun sebelum memasang Laravel pastikan anda terkoneksi ke internet karena nanti terminal VsCode akan melakukan download file Laravel secara otomatis. Langkah instal dapat di lihat seperti berikut:


a. Buka VsCode. 

    Masuk ke toolbars di halaman VsCode buka file => open Folder. Cari folder htdocs. File ini ada di dalam Drive C/D (Tergantung dimana anda meinstal Xampp tadi), yang ada di dalam xampp kemudian buka folder tersebut. Sekarang dibagian struktur folder di bagian sebelah kiri anda sudah terdapat struktur folder htdocs.



    Atau jika anda terbiasa bekerja dengan Comand Prompt anda dapat akses folder htdocs melewati CMD tersebut dengan catatan server local sudah anda running.


b. Buka terminal  baru VC Code, 

    Klik menu terminal pada toolbar VcCode  pilih Terminla=>New Terminal dan ketikkan script berikut pada halaman terminal yang tampil:

composer create-project laravel/laravel:  latihanLaravel

    



    Kita akan membuat projek laravel dengan nama latihanLaravel. Anda dapat mengganti nama projek dengan nama yang anda inginkan.


c. Tekan Enter dan tunggu proses download sampai selesai.

   Secara otomatis sebuah folder baru dengan nama latihanLaravel akan di buat di dalam htdocs tadi.


    Tunggu proses pemasangan laravel hingga selesai.



Akses Halaman Laravel
    
    Buka terminal baru kembali. Ketikan "cd latihanLaravel" untuk masuk ke folder projek kita. setelah itu ketikkan "php artisan serve" untuk membuka url dari projek kita. 

    Perhatikan di serve terdapat http://127.0.0.1:8080. Ini merupakan alamat serve yang akan kita ketikkan di url browser. Sekarang buka browser anda dan ketikkan : http://127.0.0.1:8000/.  Perhatikan tampilan yang tampil. Terdapat tampilan halaman laravel yang menandakan proses installasi berjalan dengan suksess. Berikut tampilan halamannya:



   
     Nah, sampai disini kita telah berhasil memasang laravel di pc dengan menggunakan composer. Bagaimana? Sangat mudah bukan. Jika terjadi kendala, pastikan anda cek kembali versi PHP, Biasanya penginstalan terkendala pada versi php.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)