Program Android: Perulangan JAVA | KOTLIN (5)

Baringin
By -
0

  Perulangan merupakan logika dimana variable akan diulang sehingga sebuah keputusan ditemukan. Marik kita bahas materinya


Konsep Perulangan:

    Perulangan / Looping adalah instruksi program yang bertujuan untuk mengulang beberapa baris perintah. Fungsi paling sederhana yaitu untuk mempermudah melakukan suatu proses yang berulang-ulang, seperti mencetak angka dari 1 – 100. 

Berikut istilah dalam perulangan:

  • Nilai Awal => adalah kondisi pada saat awal perulangan. Digunakan untuk membuat dan memberikan nilai kepada variabel yang digunakan untuk mengontrol perulangan.
  • Increment =>adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan.
  • Condition =>adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan. Selama kondisi ini terpenuhi, maka sistem akan terus melakukan perulangan.
  • Statement =>adalah bagian kode program yang akan diproses secara terus-menerus selama proses perulangan berlangsung.

Ada 3 jenis perulangan yaitu;


Perulangan FOR

Bentuk Penulisan

for(Nilai_Awal, Kondisi, Increment){

    Statemet

}

GUI

Buat projek baru. beri nama projek Perulangan dan language = java. Di halaman Activity_Main.xml buatlah GUI seperti berikut

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto"
xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:orientation="vertical"
tools:context=".MainActivity">

<TextView
android:id="@+id/lblPerulangan"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"/>
</LinearLayout>

GUI diatas kita tambahkan sebuah komponen TextView dengan id lblPerulangan.


Program

    Buka halaman MainActivity.java. Sambungkan TextView GUI dengan program dengan menambahkan code berikut ini didalam method:

    TextView perulangan = findViewById(R.id.lblPerulangan);
    String no = "";
    for (int i=1; i<=10; i++) {
no = no + "\n " + String.valueOf(i);
}

    Berdasarkan perintah perulangan diatas, bahwa nilai awal(i) diberi nilai =1. Artinya perulangan dimulai dari angka satu. selanjutnya terdapat i<=10 merupakan kondisi dimana perulangan akan terus terjadi jika nilai masih kurang atau sama dengan 10. Sedangkan i++ merupakan operator dimana nilai akan ditambah 1 setiap terjadi perulangan.

Tambahkan perintah untuk output diluar perulangan:

perulangan.setText(no);

Berikut program utuhnya.

protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);

TextView perulangan = findViewById(R.id.lblPerulangan);
String no="";
for (int i=1; i<=10; i++) {
no = no + "\n " + String.valueOf(i);
}
perulangan.setText(no);

}

Sedangkan di kotlin:

override fun onCreate(savedInstanceState: Bundle?) {
super.onCreate(savedInstanceState)
setContentView(R.layout.activity_perulangan)
val perulangan = findViewById<TextView>(R.id.lblPerulangan)
var data=""
for ( i in 1..10) {
data= "$data \n"+i.toString()
}
perulangan.setText(data)
}


Perulangan While

Selain FOR perulangan juga bisa dilakukan dengan perulangan While. Perulangan while akan terus terjadi selama kondisi terpenuhi.

Berikut bentuk penulisannya:

Nilai_Awal

while(kondisi){

increment

}

Program:

public class MainActivity extends AppCompatActivity {
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);

TextView perulangan = findViewById(R.id.lblPerulangan);
String no="";
int i=0;
while (i<=10){
i++;
no = no + "\n " + String.valueOf(i);
}
perulangan.setText(no);
}
}

Perulangan Do While

Berbeda dengan while, do while akan melakukan pengulangan terlebih dahulu baru kondisi di cek. jika kondisi sudah terpenuhi maka perulangan akan berhenti.

bentuk penulisannya:

    Nilai_Awal

    do{

        increment

    }while(kondisi)


 Berikut contoh penulisannya:

public class MainActivity extends AppCompatActivity {
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);

TextView perulangan = findViewById(R.id.lblPerulangan);
String no="";
int i=1;
do{
no = no + "\n " + String.valueOf(i);
i++;
}while(i<=10);
perulangan.setText(no);
}
}


Penutup

Perulangan dengan Android Studio berbeda sedikit dengan perulangan di Java. Jadi anda harus jeli untuk memperhatikannya.

Terimakasih telah berkunjung.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)