Mengenal Platform TinkerCard dan Projek Circuit Pertama

Baringin
By -
0

     Sebelumnya kita telah membahas tentang listrik, media penghantar, mendia penghambat. Kali ini kita akan mencoba untuk mempraktekkannya. Disini kita bisa menggunakan platform tinkerCard. Jadi mari kita ulas

Materi

1. Mengenal platform 

2. Membuat Akun

3. Mengenal halaman Tinkercad. 


TinkerCard

    Tinkercad Arduino adalah sebuah platform untuk membuat dan memprogram perangkat keras (hardware) berbasis mikrokontroler Arduino. Platform ini memungkinkan pengguna untuk membuat desain prototipe dari berbagai macam proyek elektronik dan membuat kode program untuk mengendalikan perangkat keras tersebut.

    Tinkercad Arduino dibuat oleh Autodesk, perusahaan perangkat lunak terkemuka yang terkenal dengan software desain CAD-nya. Tinkercad sendiri adalah software desain 3D yang dirancang untuk membuat model 3D secara online dan gratis.

Platform ini bukan hanya dapat di gunakan secara personal namun juga dapat di gunakan oleh guru dan siswa. Platform TinkerCard menyediakan akun school yang mana anda dapat membuat kelas, mengontrol kelas. 

    Untuk dapat menggunakan platform ini kita bisa berkunjung ke situs resminya :  https://www.tinkercad.com/. Anda dapat membuat akun di situs tersebut dengan cara klik sign Up yang ada pada pojok bagian kanan. 


Membuat Akun Tinkercad

    TinkerCard menyediakan 2 jenis paket, Yaitu

1. In School

    Halaman ini memungkinkan anda membuat kelas, berinteraksi dengan sesama siswa atau guru dengan siswa. Akun satu ini memungkinkan Anda untuk engontrol, berbagi tugas. 

Jadi, silahkan pilih salah satu tombol yang ada. Apakah anda login sebagai Education atau students.

2. On your Owm

    Halaman ini khusus bagi anda pengembang projek secara pribadi. Bagi anda yang ingin bekerja secara personal, akun ini cocok untuk anda. 

    Jadi dari 2 jenis diatas, anda bebas memilih yang mana saja. Tentu tergantung kepada kebutuhan kita. 

    Silahkan lanjutkan pembuatan akun di tinkercard dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.


Login Dengan Akun Google

    Jika anda tidak ingin direpotkan dengan pembuatan akun, anda bisa login dengan akun google. Pastikan anda sudah memiliki akun goggle. 

Kembalilah ke halaman utama Tinkercad, Di halaman utama TinkerCar tadi pilih tombol Login, kemudian pilih jenis akun anda. Selanjutnya klik  icon google pada halaman yang muncul. Anda akan diarahkan ke halaman akun anda.

    Nah, jika anda berhasil membuat akun selanjutnya kita akan mencoba membuat projek pertama ktia di tinkerCard. Pilih Menu Desing yang ada pada bagian sidebar di bagian kiri, kemudian klik + Create dan pilih Circuit.



    Selanjutnya kita diarahkan ke halaman area kerja. Di halaman tersebut. terdapat berbagai komponen elektronika yang dapat kita manfaat. Komponen tersebut berada pada bagian kanan halaman. Cara menggunakan komponen tersebut sangat muah, anda klik komponen yang diinginkan dan drag ke area kerja. Jika anda tidak menemukan komponen yang di cari anda dapat mengubah componen Basic ke All Komponen yang terdapat pada bagian kanan atas.



Mengganti Nama File kerja

    Nama file kita akan di set secara Default. Kita dapat mengganti nama file tersebut dengan cara double klik pada bagian atas dari toolbars kemudian gantilah teks yang ada di dalamnya dengan nama file yang anda inginkan.



Persiapan Latihan:

    Agar lebih memahami tentang platform ini mari kita latihan sejenak:

Komponen yang di siapkan

1. Baterai 9 V sebagai media penyimpan arus listrik. Baterai ini memiliki arus Negatif (-) dan arus (+).

2. LED, merupakan media output 

Lampu LED memiliki 2 kaki, kaki yang pendek adalah Negatif (-) dan kaki yang panjang Adalah Positif (+)

3. Resistor, adalah media penghambat arus listrik agar arus mengalir lebih stabil 


    Resistor digunakan sebagai media penghambat. Jika arus memiliki kapasitas 9 V sedangkan Output LED hanya mampu menampung arus 3 V, tentunya LED akan pecah karena kelebihan arus. Oleh sebab itu dibutuhkan media penghambat agar arus tidak masuk secara penuh. 


4.Kabel, sebagai media penghantar. Sediakan kabel 2 buah yang berguna sebagai media penghantar arus negatif dan arus positif.

    Buatlah rangkaian seperti gambar di bawah ini. Untuk kabel anda klik pada kaki-kaki komponen tahan dan hubungkan ke komponen yang lain. Anda dapat mengganti warna dan jenis kabel dengan memilih menu yang disediakan di toolbars. Perhatikan gambar di bawah ini.



    

    Selanjutnya jalankan projek kita dengan cara klik tombol Start Simulation pada pojok kanan atas. Perhatikan apakah lampu anda menyala? Jika sukses lampu akan menyala.

    Sekarang coba buang resistornya. Kita hubungkan kaki negatif led ke kaki negatif baterai dan sebaliknya. Perhatikan apa yang terjadi. Lampu anda akan meledak karena tidak dapat menahan beban arus. Jadi dapat kita simpulkan bahwa resistor bertugas menghambat dan mengontrol arus yang masuk.

Nah, itulah sedikit tutorial menggunakan platform TinkerCard. Selanjutnya anda dapat mengembangkan. Jika ada saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. 


Tonton Kami Di Youtube:




Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)