Cara Instal Arduino IDE, Konfigurasi PORT sert Module dan Mengenal Sintak Dasar Arduino

Baringin
By -
0

 


Nah bertemu lagi kita pada tutorial cara memasang arduino di PC. Setelah kita mengupas tentang simulasi arduino menggunakan tinkerCard selanjutnya kita akan memasang software arduino di PC. Jadi silahkan ikuti turoial berikut ini.

    Arduino menyediakan platform secara gratis yang dapat anda unduh di situs resminya. Silahkan kunjungi halaman resminya pada url berikut : https://www.arduino.cc/. Di situs tersebut anda dapat mempelajari berbagai modul arduino yang telah di buat oleh komunitas arduino.


Download Arduino

    Jika anda ingin mendownload software arduino, anda dapat mendownloadnya dengan memilih menu Software yang terdapat di toolbar url. Cari Legacy IDE (1.8.x) dan tentukan sistim operasi yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Windows, anda dapat klik Windows dan anda akan diarahkan pada halaman selanjutnya. Disini kita download Windows Win 7 and never.



    Di halaman selanjutnya anda klik saja Just Download hingga sotware terdownload secara otomatis. Software arduino akan tersimpan di dalam winrar dengan kapasistas kurang lebih 111 MB.


Instal Arduino

    Anda sudah selesai mendownload IDE arduino, selanjutnya kita akan mencoba memasang IDE tersebut. Silahkan buka file arduino yang telah didownload tadi dengan cara klik 2 kali. Disini anda tinggal ikuti saja petunjuknya dan tidak ada yang perlu anda setting.

    Setelah arduino IDE selesai di pasang, IDE ini belum bisa kita gunakan. Kita harus melakukan beberapa konfigurasi terlebih dahulu. Saya asumsikan anda menggunakan Arduino UNO. Jadi silahkan colokan kabel USB arduino ke PC anda agar PC terhubung dengan Arduino UNO. 

    Masuk ke menu tools->Board"...."->Arduino AVR -> Arduino Uno. Langkah ini untuk mengenal Board arduino itu sendiri. Anda dapat memilih jenis arduino sesuai dengan arduino yang anda miliki.


Cek PORT Arduino.

    Secara otomatis driver Port akan di baca oleh PC anda. Jika belum terinstal dirvenya anda dapat mendownload driver arduino Uno tersebut. 

Cara cek port adalah dengan cara:

1. pada searc di tolbar PC ketikkan Device Manager.

2. Pada Port(COM & LPT) silahkan cek apakah port arduino Uno sudah terdeteksi oleh pc


    Dapat kita lihat port kita disini dengan nama Arduino Uno(COM4).

 3. Kembali ke IDE arduino, pilih tools -> Port"..." -> Com4(Arduino Uno.

    Nah, jika tutorial diatas lancar anda lakukan berarti kita sudah siap untuk menjalankan arduino.


Sintak Dasar Arduino 

    Jalankan IDE arduino yang telah anda instal tadi. Anda pasti mendapatkan barisan program pada halamannya. Nah perhatikan sintak program dibawah ini

void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
}

void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
}

  

  void setup pada Arduino berfungsi sebagai bentuk inisialisasi atau pengenalan dalam program Arduino dan hanya dieksekusi sekali sejak program dijalankan. Pada umumnya, perintah ini digunakan untuk pendefinisian mode pin atau memulai komunikasi serial. 

 sedangkan void loop akan dieksekusi terus-menerus secara berurutan hingga program berhenti dijalankan.

    Coba Ketikkan Program berikut:

int led = LED_BUILTIN;
 
void setup() {
  // put your setup code here, to run once:
  pinMode(led, OUTPUT);
}
 
void loop() {
  // put your main code here, to run repeatedly:
  digitalWrite(led, HIGH);
  delay(500);
  digitalWrite(led, LOW);
  delay(1000);
}

    pada awal program kita membuat variabel led dimana nilai yang di kandung adalah LED_BUILTIN yang berarti lampu yang di pilih adalah secara costume. Tipe data yang diberi adalah int atau integer.

    int led - LED_BUILTIN => typeData Variable =Nilai

    Selanjutnya pada void Setup kita perkenalkan Mode pin Arduino. Model pin di sini kita buat OUTPUT yang berarti nilai akan di keluarkan. Sedangkan pada loop kita membuat digitalWrite yang memiliki 2 nilai yaitu:

  • HIGH => Perintah agar led memiliki nilai 1 /on
  • LOW => Perintah agar led memiliki nilai 0/off

     Delay merupakan perintah lama menunggu dalam satuan milidetik. nilai delay yang di berikan adalah 500 yang berarti terjadi proses menunggu selama 0,5 detik. 

    Jika kita perhatikan, program diatas memberikan perinatah agar lampu menyala selama 500 milidetik dan mati selama 1000 milidetik.

    Setelah itu,  pastikan anda sudah men colokkan modules arduino uno anda ke PC/Laptop. Jankan program anda dan perhatikan hasilnya:




    Lampu yang ada di modular arduino uno akan berkedip menandakan program telah terinstal di modular arduino. Anda dapat mengganti nilai yang ada pada Delay agar kedipan lampu bisa lebih cepat atau lebih lama.


    Nah itulah sekilas bagaimana memasang IDE Arduino di PC/Laptop. Kita juga sudah membahas sekilas sintak program pada arduino. Disini kita mengunakan Arduino Uno. Selanjutnya kita akan memcoba merangkai komponen-komponen di arduino sehingga menghasilkan projek yang menarik. Tetap plototi situs kami agar anda tidak ketinggalan informasi lainnya. Terimakasih telah berkunjung.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)