Arus Listrik, Media Pengantar(Konduktor) dan Media Penghambat (Isolator)

Baringin
By -
0

 
Belajar komponen Elektronika khususnya arduino kita tidak akan terlepas dari listrik. Jadi sebelum kita masuk ke materi arduino alangkah lebih baiknya kita memahami aliran listrik, media penghantar dan media penghambat aliran listrik. Yok simak ulasannya.



Arus Listrik

    Arus listrik adalah aliran elektron dari atom ke atom yang terjadi pada sebuah penghantar dengan kecepatan dalam waktu tertentu yang laju alirannya melalui muatan listrik dan melewati suatu titik atau bagian yang disebut juga sebagai listrik dinamis. 

    Kecepatan perpindahan arus listrik disebut dengan laju arus yang dapat ditulis dengan simbol I dalam satuan Ampere. Arus listrik tersebut terjadi jika muatan listrik mengalir setiap detik, sehingga terdapat persamaan muatan listrik, arus listrik, dan waktu, dengan sebagai berikut:

I = Q/t atau Q = I x t

Keterangan:

I = kuat arus listrik (A)

Q = banyaknya muatan Listrik (Coulomb)

T = waktu (s)


Jenis Listrik



    Ada 2 jenis arus listrik, yaitu:

1. Direct Current (DC)

    DC merupakan arus searah dan memiliki nilainya tidak berubah atau bernilai tetap terhadap satuan waktu. Arus DC memiliki nilai positif atau negatif dan bersifat stabil.  Sumber arus sini diperoleh dari elemen-elemen yang memberikan energi listrik yang mengalir secara merata setiap saat, seperti elemen volta, baterai, dan akumulator.

    Contoh sederhana penggunaan arus DC di kehidupan sehari-hari adalah TV, Radio dan lain sebagainya.

2. Arus Bolak-balik (AC)

    AC merupakan arus bolak-balik dan memiliki arus listrik yang arah arus berubah-ubah dengan bolak-balik. Sifat arus listrik bolak-balik berbentuk gelombang sinusoida, sehingga memungkinkan pengaliran energi secara efisien. 

    Contoh penggunaan arus AC adalah kulkas, AC, Lampu dan lain sebagainya.


Media Penghantar Arus Listrik | Konduktor
    Seperti yang telah dibahas, bahwa listrik merupakan perpindahan atom ke atom yang lain. Perpindahan ini memerlukan media, yang di kenal sebagai media penghantar arus listrik. Berikut beberapa contoh media penghantar.

    Konduktor atau penghantar listrik adalah suatu material yang mudah menghantarkan arus listrik. Sifat hantarannya adalah memindahkan elektron-elektron dari satu titik kelistrikan ke titik kelistrikan lainnya secara mudah. Kegunaan utama dari penghantar listrik adalah mengalirkan arus listrik

    Salah satu media penghantar adalah kabel. Kabel merupakan media penghantar arus listrik yang sering di gunakan dan banyak di jumpai. Ada banyak jenis kabel yang di gunakan sebagai media penghantar listrik dan itu tergantung kepada kebutuhan dan tegangan listrik yang kita butuhkan. 

 Berikut beberapa material yang kerap digunakan untuk benda-benda konduktor:
1. Tembaga
       Media penghantar satu ini yang paling umum digunakan sebagai penghantar.  Bahan tembaga mempunyai nilai hambatan jenis relatif sangat kecil. Tembaga mempunyai daya hantar listrik yang tinggi yaitu 57 m/Ohm.mm2 pada suhu 20 oC dengan koefisien muai suhu 0,004 / oC. Tembaga mempunyai daya tarik 20 hingga 40 kg/mm2.

2. Alumunium
    Alumunium murni mempunyai massa enis 2,7 g/cm3, dengan titik leleh 658 oC dan tidak bersifat sebagai korosif. Alumunium sering dicampur dengan tembaga untuk memperkuat daya tariknya.

3. Emas
    Konsentrasi elektron bebas dalam logam emas 5,90 × 1022 cm-3. Emas sangat konduktif untuk listrik, dan telah digunakan untuk jaringan kabel listrik di beberapa aplikasi energi tinggi.

4. Air
    
    Air murni dapat menjadi media penghantar arus listrik karena tersebut murni kekurangan elektron bebas, partikel subatomik yang memiliki muatan negatif. Namun begitu, jika air telah bercampur dengan sedimen dan mineral, yang membuat molekul air mengalami ionisasi, tersebut dapat menghantarkan arus listrik.

5. Besi
    Besi yang di simbolkan dengan (Fe) juga termasuk salah satu jenis konduktor listrik yang paling baik.


Media Penghambat | ISOLATOR
    Nah, Jika ada media yang mampu menghantar aliran listrik, apakah ada media yang mampu menghalangi aliran listrik? Jawabannya adalah Ya. Isolator listrik adalah benda-benda yang tidak bisa mengalirkan listrik dari sumber listrik.
    Material yang dapat menghalangi arus listrik seperti plastik, kayu, kaca, dan lain sebagainya.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)