Pemrograman Dasar: Install IDE DEV C++ dan Struktur Penulisan Program

Baringin
By -
0

  Setelah sebelumnya kita membahas tentang Flowchar dan Pengertian Algoritma maka sekarang kita akan masuk struktur penulisan pemograman. Disini kita akan menggunakan Bahasa C++ sebagai praktek. Kenapa C++, bahasa pemrogramman ini merupakan bahasa standar didalam mengenal pemrogramman. Sedangkan IDE (Integrated Development Environment) yang kita gunakan adalah Dev++ yang bisa didownload di sini. 

Sebelum melanjutkan materi ini, kami asumsikan anda sudah menginstal Dev C++.


Instal IDE Dev C++

Dev C++ disediakan secara gratis , jadi silahkan download. Saat tutorial ini dibuat, Dev C++ sudah merilis versi 6.3. Setelah selesai di download jalankan setup.exe, kemudian klik OK pada jendela Installer Lamguage yang muncul.



Selanjutnya akan muncul jendela Licensi. klik saja I Angree.

Selanjutnya klik Next saja pada jendela yang muncul.

Tentukan posisi tempat penyimpanan. Secara default Dev C++ menyimpan File instal di C. Jika sudah Klik Instal untuk memulai proses instal aplikasi.


Tunggu beberapa saat sampai proses Instal selesai. Jika sudah selesai klik Finish.


Jendela yang baru muncul klik saja Next



Anda dapat menentukan model tampilan IDE. Seperti setting Font, Mengganti Warna dan tema. Kemudian Klik Next Lagi dan OK.


Sampai disini kita sudah selesai melakukan Instal Aplikasi Dev C++ veris 6.3. pada tampilan awal dan jika kita belum memiliki projek kita bisa klik New Document untuk membuka file baru.

Mengenal IDE Dev C++

Pastikan Dev C++ sudah terinstal di PC / Laptop anda. Silahkan jalankan Dev C++ tersebut dengan klik iconnya yang ada di destop atau di windows. 

Klik menu File => Source File atau kombinasikan Ctrl+N untuk membuka file baru. 



tollbar berisikan deretan menu IDE, sedangkan Run /Compiler merupakan menu yang digunakan untuk menjalankan program atau mengcompiler program. Halaman kerja merupakan tempat script program diketikkan.

Sedangkan untuk menyimpan projek bisa kilik menu File => Save As atau Ctrl + S. sedangkan untuk membuak projek yang telah dibuat bisa klik menu File => Open. cari lokasi penyimpanan projek tadi kemudian klik open.

Struktur Penulisan Bahasa C++

Ada dua jenis penulisan dasar program C++, yaitu penulisan header berupa library dan  bagan tubuh program. Library ditandai dengan  #include <   > sedangkan tempat pengetikan program berada diantara int main() { // isi program }.

Berikut ini adalah contoh penulisan program didalam penulisan bahasa C++






#include <iostream> pada IDE yang lain ditulis dengan #include <iostream.h> merupakan library untuk membaca tag input /output nantinya. 
Using namespace std digunakan agar string dapat dibaca. hal ini berlaku pada IDE Dev C++. 


Int main() digunakan untuk mengeksekusi program nantinya. Method ini merupakan method utama yang wajib disertakan di dalam pembuatan program.  Sedangkan perintah program ditulis antar tanda { dan tanda }. Sedangkan return 0 merupakan perintah untuk menghentikan layer agar saat program dijalankan layer tidak akan tertutup secara otomatis. Selain return 0 bisa juga ditulis dengan getch().
Penulisan perintah getch() perlu disertakan library #include<conio.h>

Komentar didalam Program
Komentar didalam sebuah program digunakan untuk memberikan keterangan pada script program. komentar ini tidak akan di eksekusi saat program dijalankan. ada dua teknik penulisan komentar, yaitu:
  1. One-Line( Satu baris), Komentar ini ditandai dengan "//". biasanya komentar ini digunakan untuk membuat komentar yang pendek.
  2. Multi-Line ( Banyak Baris), Komentar ini ditandai dengan "/*" untuk pembuka dan "*/" untuk penutup komentar, contoh penulisan /*Komentara*/ .


Selanjutnya kita akan menambahkan program diatas dengan cout. berikut script penulisannya.



cout <<" ....."; merupakan tag yang digunakan untuk menampilkan text yang ada diantara tanda kutip ke layer saat running program. artinya text "Hai, Selamat Belajar" akan ditampilkan kelayer.





Compiler dan Running Program
Sebelumnya simpan proyek diatas.  kemudian klik F11 di keyboard agar program di compiler kemudian di Running. atau bisa menekan icon Run & compiler pada bagian bawah Toolbar.


Compiler adalah proses menjadikan coding program menjadi bahasa yang dipahami oleh komputer. Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut:



Sekarang kita sudah bisa membuat program sederhana menggunakan bahasa C++.  selanjutnya silahkan dikembankan program diatas. agar terjadi perpindahan line maka bisa ditambahak \n seperti gambar diwah ini:



Perintah \n atau disebut New Line akan membuat line baru pada text. Perintah lain dari New line adalah endl

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)