Pemrograman Dasar C++: Variable dan Type data di Dalam pemrograman

Baringin
By -
0

  Istilah Value/Nilai, Variable & Type data bukan hal asing bagi para programmer. Hal ini merupakan pengetahuan wajib untuk semua program. Jadi jika kita tidak bisa memahami materi ini, maka kita belum tergolong seorang programmer. Yuk kenali!!


PENDAHULUAN

Kita analogikan bahwa kita memiliki bunga hias. Bunga hias Tersebut ditaruh didalam satu pas buga. Sedangkan jenis bunga tersebut adalah bunga teratai merah. 

    Nah dari analogi diatas dapat kita samakan bahwa Bunga hias adalah value, pas bunga adalah variable sedangkan teratai merupakan jenis dari bunga hias yang menjadi type data.

    Jadi Type data merupakan Jenis dari data yang ada di dalam variable, sama dengan bunga teratai yang merupakan satu jenis dari bunga hias. Nah variable itu sendiri  merupakan wadah yang digunakan untuk menampung data atau value. Sama halnya pas bunga yang merupakan wadah untuk meletakkan bunga teratai. Namun disini perlu kita pahami bahwa didalam pas kita hanya dapat meleteakkan satu jenis bunga saja. Jika kita ingin menambah bunga maka kita perlu pas bunga lain

contoh lain, kita memiliki data INDONESIA. Indonesia merupakan value yang ditampung oleh variable. Variable INDONESIA adalah NEGARA. Sedangkan INDONESIA terdiri dari susunan beberapa karakter I,N,D,O,N,E,S,I dan A. Berarti tipe data dari INDONESIA adalah character atau char. Contoh Lain 36 yang ditampung didalam variable USIA. 3 dan  6 merupakan angka yang dikenal dengan Integer.

char negara = "indonesia"

int usia=36


Jenis-Jenis Tipe Data

Setelah kita memahami tentang tipe data mari kita bahas, apa saja jenis-jenis dari tipe data tersebut. Secara umum type data terdiri dari 2 bentuk:

  • Karakter dan Gabungan beberapa karakter seperti  M3rdek@ yang tergabung dari huruf dan simbol. tipe ini bisa disebut dengan type Char dan String.
  • Terdiri dari Angka, Baik bilangan bulat saja seperti 28 atau terdiri dari  pecahan seperti 3,5
Nah, dari dua bentuk inilah tipe data akan diturunkan menjadi beberapa jenis.

Berikut daftar Type Data didalam bahasa C++:

  • void yang merupakan tipe data yang tanpa menggunakan pengembalian nilai.
  • int merupakan kepanjangan dari integer yang artinya bilangan bulat.
  • float adalah tipe data dalam bentuk bilangan pecahan.
  • double adalah tipe data yang sama dengan float, yaitu bilangan pecahan yang jangkauannya lebih luas. 
  • char adalah tipe data dalam bentuk karakter. 
  • string adalah tipe data dalam bentuk gabungan beberapa karakter.

Kemudian, bahasa C++ menciptakan dua tipe data lainnya, yaitu:

  • bool tipe data dalam bentuk Boolean, penyampaiannya dengan True dan False
  • varchar_t merupakan tipe data yang bentuknya sama dengan char namun jangkauannya lebih luas.


Contoh Program:

Perhatikan Flowchar Berikut:

Disini Kita memiliki dua variable (Nama dan Usia). sedangkan output yang diinginkan adalah Nilai yang dikandung oleh Variable Nama dan Usia.




Perhatikan Penulisan Programnya:




Kita tambahkan sebuah library #include<conio.h> agar variable dapat dibaca. Didalam Input, variable kembali kita panggil. Berikut Hasilnya


Sekian penjelasan kita tentang materi kali ini.








Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)