Pemrograman Dasar C++: Dasar-Dasar Flowchar

Baringin
By -
0

 Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang Algoritma, Maka sekarang kita bicara tentang Flowchar. Flowchar bukan istilah baru didalam dunia pemrogramman dan  Flowchar tidak bisa terlepas dari dunia Pemrogramman. Jadi mempelajari flowchar ini amatlah penting.



Pengertian Flowchar / Bagan Alur

Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

Umumnya, flowchart dipakai untuk kebutuhan dokumentasi, pembelajaran, perencanaan, serta evaluasi proses kerja dalam sebuah sistem. Diagram alir biasanya tersusun atas simbol-simbol seperti bangun datar atau bangun dua dimensi.

Pemakaian simbol ditujukan supaya flowchart bisa menjadi ringkas dan detail di saat yang sama. Beberapa bentuk simbol yang paling sering dijumpai pada flowchart antara lain panah, oval, dan persegi panjang.

Fungsi Flowchar Dalam Programming

1. Pedoman Dalam Pengembangan Software
    Fungsi flowchart yang pertama dan utama adalah sebagai pedoman dalam proses software development. Programmer yang mengembangkan aplikasi atau software harus memperhatikan beberapa hal berikut

  • Bahasa pemrograman harus sesuai
  • Alur atau proses yang terjadi pada program
  • End user yang akan memakai software tersebut
  • User interface (UI)
  • Fungsi aplikasi yang akan dipakai

Supaya hal-hal di atas tidak terlewatkan, programmer memerlukan flowchart. Programmer akan mendapat gambaran berdasarkan alur flowchar tersebut.


2. Membuat Rancangan Program Menjadi Universal
Rancangan program atau software bisa menjadi universal berkat adanya flowchart. Semua orang yang melihatnya akan bisa memahami rancangan program tersebut tanpa mempedulikan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.


3. Menggambarkan Proses dalam Program
Flowchart berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan setiap proses yang terjadi dalam program. 

Ini akan lebih memudahkan bagi programmer untuk menjelaskan progres pengembangan software yang sedang digarapnya. Selain itu, flowchart juga akan membantu menjelaskan kepada end user mengenai langkah kerja dari sebuah software.

4. Memastikan Program Dibuat Sesuai Alurnya
Mengembangkan program sesuai dengan alurnya sangatlah penting agar tidak terjadi Logic Error pada saat program dikembangkan.

Jenis-Jenis Flowchar

1- Process Flowchart
Process flowchart merupakan diagram yang menggambarkan langkah berurutan dari proses serta keputusan yang dibutuhkan guna membuat proses berjalan dengan baik. Sedangkan arah dan proses disimbolkan dalam bentuk garis yang menghubungkan satu bentuk dengan bentuk lainnya.

2- Program Flowchart
Program flowchart dibuat untuk menunjukkan aliran daya ketika menulis algoritma atau program. Flowchart jenis ini berfungsi untuk menjelaskan proses secara cepat ketika pengembangan program dikerjakan dengan cara kolaborasi oleh beberapa orang sekaligus.

3- Schematic Flowchart
Schematic flowchart tidak hanya dibuat dengan simbol-simbol yang mewakili proses. Dalam penyajiannya juga menggunakan simbol-simbol peralatan yang digunakan. Penggunaan simbol tersebut dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pembaca untuk memahami maksud dan tujuan dari flowchart tersebut. Pasalnya, tidak semua orang memahami simbol-simbol yang sering dipakai pada flowchart.

4- Document Flowchart
Document atau paperwork flowchart adalah salah satu jenis diagram alir yang berguna untuk menelusuri alur perjalanan form dari satu bagian ke bagian lain. Tak hanya sampai di situ, flowchart yang satu ini juga menunjukkan bagaimana cara pemrosesan, pencatatan, serta penyimpanan laporan.

5- System Flowchart
Diagram yang menggambarkan tentang flow seluruh pekerjaan yang terjadi dalam sebuah sistem. Tak hanya itu, system flowchart juga menggambarkan detail dan urutan setiap proses dan prosedur dalam sistem tersebut.

Simbo-simbol didalam Flowchar
Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa flowchar memiliki simbol-simbol. simbol tersebut digunakan untuk menggambar alur dari sebuah program. Adapun simbol-simbol dalam flowchar dapat dilihat seperti berikut:

Simbol-simbol di atas memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. 

Kerjakan latihan di link berikut:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)