Apa Saja Bahasa Pemrograman Yang Digunakan Untuk Belajar Android?

Baringin
By -
0

 Mengenal Bahasa Pemrograman untuk Android



    Bahasa pemrograman merupakan bahasa script yang di gunakan oleh programmer untuk memberikan perintah kepada komputer. Bahasa pemrograman berperan penting dalam pengembangan aplikasi berbasis android. Ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang dapat digunakan di dalam pengembangan aplikasi android. Berikut kami rangkum beberapa bahasa pemrograman yang mendukung aplikasi android.


1. Java

    Yap, Urutan pertama kita berikan kepada bahasa java, Walau sekarang penggunaan bahasa ini telah di geser oleh bahasa lain namun jutaan aplikasi Android dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman ini. Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang digemari oleh banyak developer terutama untuk Android OS. 

    Ada banya IDE yang di gunakan untuk mendukung bahasa pemrograman JAVA seperti Android Studio, Netbeans dan lain sebagainya. Android Studio yang merupakan IDE resmi yang mendapat dukungan penuh dari Google selaku petinggi Android. Ada juga Eclipse yang merupakan tools lain yang pernah menjadi IDE resmi Android sebelum Android Studio.

Jika kamu ingin membuat aplikasi Android dengan bahasa pemrograman ini, kamu juga bisa menggunakan Java untuk beberapa program berikut.


2. JavaScript

    JavaScript adalah bahasa pemrograman website yang paling populer. Namun JavaScript ternyata juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman pada aplikasi Android. Dalam penggunaan JS ini kita akan membutuhkan Framework untuk mengembangkan aplikasi Android.

    Beberapa Framework yang bisa kita gunakan antara lain Ionic, PhoneGap, dan React Native. Bagi kamu yang sudah memahami skill CSS, HTML, dan JS modern, maka akan lebih mudah untuk belajar pemrograman Android menggunakan Framework tersebut.


3. Kotlin

    Sekarang ini kotlin merupakan bahasa pemrograman yang paling populer di gunakan oleh para programmer android dari tingkat menengah ke atas. . Bahasa pemrograman yang kini menjadi bahasa utama yang mendapat dukungan resmi Google ini dikembangkan oleh JetBrains. Perusahaan tersebut terkenal membuat software IDE lainnya selain Android Studio, seperti PhpStrome, RubyMine, dan lain-lain.

    Bahasa pemrograman ini melengkapi segala kekurangan dari Java. Keunggulannya adalah kamu bisa belajar pemrograman Android dengan lebih mudah menggunakan Kotlin yang aturan coding-nya lebih ringkas. Kotlin bahkan bisa dijalankan bersama dengan Java.


4. Phyton

    Banyak developer yang menggunakan bahasa pemrograman ini untuk aplikasi-aplikasi mereka. Produk terkenal yang menggunakan Phyton antara lain Instagram, Google, YouTube, Nasa, Wikipedia, dan masih banyak lagi yang lainnya. Perkembangan teknologi AI membuat skill Phyton banyak dibutuhkan. Prospek kerjanya pun lebih luas karena banyak aplikasi besar yang dapat diciptakan dengan bahasa pemrograman ini.


5. Dart

    Google mengembangkan beberapa bahasa pemrograman dan salah satunya adalah Dart. Bahasa pemrograman ini dirilis Google dan tersedia secara open-source. Jika ingin membuat aplikasi Android menggunakan Dart, kamu membutuhkan tools flutter yang dapat membaca bahasa pemrograman ini.

    Dart bisa kamu pakai untuk membuat berbagai aplikasi di beberapa platform. Contohnya antara lain aplikasi mobile, web, server, dan Internet of Things (IoT). Jadi, kamu bisa belajar pemrograman Android menggunakan Dart untuk membuat aplikasi maupun web.


6. C++

    C++ yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua juga mendukung pembuatan aplikasi berbasis android. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan developer di seluruh dunia selain Java dan Kotlin.    Seperti halnya Java dan Kotlin, kita juga perlu tools atau IDE yang dapat membaca C++ untuk mengembangkan aplikasi. Kamu bisa menggunakan Android Studio untuk membuat aplikasi Android berbasis C++.


Memilih bahasa pemrograman yang tepat

    Ada banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa dipakai untuk mengembangkan aplikasi Android sebagaimana yang telah di sebutkan diatas. Mulai dari Java, Kotlin, JavaScript, Dart, C++, dan lainnya. Namun yang paling direkomendasikan saat ini adalah bahasa pemrograman Kotlin. Karena kotlin sampai sekarang masih di gunakan untuk membuat program android mulai dari pemula hingga tingkat mahir.    Sedangkan bahasa pemrograman Dart bisa kita pelajari jika ingin membangun aplikasi yang dapat jalan di Android dan iOS. 


Menentukan tools atau IDE yang akan digunakan

    Selain penguasaan bahasa pemrograman Android, kamu juga membutuhkan tools atau software yang digunakan untuk membuat aplikasi Android. Berikut beberapa pilihan IDE atau Framework yang dapat dipakai untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android.

  • Android Studio
  • Eclipse
  • Flutter
  • React Native
  • Dart

Bagi kamu yang masih pemula bisa belajar pemrograman android menggunakan Android Studio yang didukung penuh oleh Google untuk mengembangkan aplikasi Android.


Pelajari dasar-dasar pemrograman

    Langkah berikutnya adalah mempelajari dasar-dasar pemrograman. Bagi kita yang masih pemula dalam bahasa pemrograman maka kita  bisa mempelajari beberapa dasar pemrograman. Biasanya dasar-dasar pemrograman terdiri dari:.

  • Membuat project untuk menampilkan tulisan “Hello World”
  • Menjalankan project menggunakan emulator Android atau langsung di smartphone Android.
  • Menggunakan intent.
  • Menggunakan textview.
  • Menentukan jenis activity.
  • Menggunakan toast.
  • Memahami fungsi toolbar.
  • Dan lain-lain. 

Belajar melalui kelas pemrograman

    Kita bisa memanfaatkan internet untuk belajar lebih banyak mengenai pemrograman Android. Namun sebaiknya ikuti kelas pemrograman yang dapat memandu kamu untuk lebih mengenal dasar-dasar pemrograman Android hingga mampu membuat aplikasi.

    Menjadi seorang developer atau programmer tentu harus terus belajar dan berlatih. Setelah kamu menguasai lebih banyak mengenai dasar-dasar pemrograman Android, maka langkah selanjutnya adalah memperbanyak latihan untuk membuat aplikasi. 

    Selain mengikuti tutorial-tutorial membuat aplikasi Android sederhana, kamu juga perlu berlatih untuk mengembangkan aplikasi sendiri. Tidak harus yang spektakuler, tetapi buat saja aplikasi Android yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Itulah beberapa bahasa pemrograman yang dipakai dalam belajar pemrograman Android untuk pemula. Bahasa pemrograman menjadi skill utama yang diperlukan oleh setiap programmer maupun developer aplikasi Android.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)