Komunikasi Data: multiplexing dan data link control dan teknik switching ( Bag 7)

Baringin
By -
0

 



MULTIPLEXING 

 Multipleksing adalah sebuah proses di mana beberapa sinyal pesan analog atau aliran data digital digabungkan menjadi satu sinyal. Tujuannya adalah untuk berbagi sumber daya yang mahal. Contohnya, dalam elektronik, multipleksing mengizinkan beberapa sinyal analog untuk diproses oleh satu analog-to-digital converter (ADC), dan dalam telekomunikasi, beberapa panggilan telepon dapat disalurkan menggunakan satu kabel.

Tujuan utamanya adalah untuk menghemat jumlah saluran fisik misalnya kabel, pemancar & penerima (transceiver), atau kabel optik. 

Teknik multiplexing ada beberapa cara.

1. Menata tiap informasi (suara percakapan 1 pelanggan) sedemikian rupa sehingga menempati satu alokasi frekuensi selebar sekitar 4 kHz. Teknik ini dinamakan Frequency Division Multiplexing (FDM). 

2. Multiplexing dengan cara tiap pelanggan menggunakan saluran secara bergantian. Teknik ini dinamakan Time Division Multiplexing (TDM). Tiap pelanggan diberi jatah waktu (time slot) tertentu sedemikian rupa sehingga semua informasi percakapan bisa dikirim melalui satu saluran secara bersama-sama tanpa disadari oleh pelanggan bahwa mereka sebenarnya bergantian menggunakan saluran. 

3. Teknik multiplexing  yang digunakan dalam saluran kabel optik yang disebut Wavelength Division Multiplexing (WDM


Data Link Control

Data link control atau data link protocol merupakan proses terkirimnya data melalui sebuah siklus komunikasi data yang terlaksana dengan penambahan kontrol layer. 

Data link control membutuhkan lapisan-lapisan logika (layer of logic) di atas hardware untuk mengelola pertukaran data yang melewati sebuah link. Untuk mengelola pertukaran data tersebut, dibutuhkan langkah-langkah di antaranya: sinkronisasi frame (frame synchronization), kontrol aliran data (flow control), kontrol kesalahan (error control), pengalamatan (addressing), control and data, serta link management.


Teknik Switching

Secara umum arti switching dalam telekomunikasi adalah melakukan suatu proses hubungan antara dua pelanggan telepon, sehingga keduanya dapat berbicara satu sama lain.


Artikel masih dalam Proses.....

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)