Komunikasi Data:Mengenal Konsep Komunikasi Data

Baringin
By -
0

 Dalam dunia digital penyampaian sebuah informasi dengan cepat, akurat dan tepat sangatalah dibutuhkan. Apalagi dalam dunia bisnis, kemelitiran Learning dan lainnya. Teknologi memahami kebutuhan tersebut. Namun, bagaimana teknologi bisa menjawab semua kebutuhan manusia akan informasi tersebut, maka kali ini kita akan mengulas tentang teknik sebuah data bisa dikirim keseluruh dunia melalui teknologi.

Sumber Gambar: Merdeka.com


Defenisi Komunikasi Data

Komunikasi data terdiri dari dua kata, yaitu komunikasi dan data. 

Komunikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunikasi adalah "pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami".

Komunikasi terjadi antara dua arah antara komunikan dan komunikator dalam satu saat secara bergantian memberikan informasi. komunikasi harus memperhitungkan tingkat ketepatan, keringkasan dan kecepatan.

Data

Data adalah suatu keterangan yang benar dan nyata. Data berisi  keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian. data bisa berupa angka atau sistem perhitungan dan berupa karakter. Data dapat diperoleh dari  dari rekaman, pengamatan, wawancara, atau bahan tertulis. Sedangkan data kuantitatif dapat diperoleh dari perhitungan.

ada beberapa jenis pengumpulan data:

1.  lisan data yang diperoleh dari informan;

2. pribadi data yang berkenaan dengan ciri seseorang, misalnya nama, umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, alamat, dan kedudukan dalam keluarga;

3.  primer data yang diperoleh seorang peneliti langsung dari objeknya.

4. relevan data yang ada hubungan langsung dengan persoalan yang sedang diteliti.

5. sekunder data yang diperoleh seorang peneliti secara tidak langsung dari objeknya, tetapi melalui sumber lain, baik lisan maupun tulis.

6. tertulis data yang diperoleh dari sumber tertulis.


Komunikasi Data

Berdasarkan pengertian dari komunikasi dan data yang sudah dibahas diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih.

sedangkan komunikasi data didalam dunia teknologi Komunikasi Data merupakan pengiriman informasi menggunakan alat teknologi seperti komputer (PC), laptop/notebook, telepon genggam, printer, dan alat komunikasi lainnya.

Alat tersebut saling berhubungan antar satu dengan lainnya. penghubung kedua alat ini disebut sebagai jaringan yang dikenal dalam ilmu Jaringan Komputer. Jaringan tersebut bisa lokal maupun yang luas, seperti internet. 

Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan.

Manfaat Komunikasi Data:

  • Dengan menggunakan sistem ini akan terasa lebih efisien. 
  • Menjaga data agar sampai sesuai tujuan yang diinginkan 
  • Dapat mengurangi keterbatasan waktu. Data yang dikirim juag
  • Data menjadi terahasiakan. Bila ada data yang tidak boleh diketahui pihak lain.


Jenis Komunikasi Data

Secara umum ada 2 jenis Komunikasi Data:

1.  Infrastruktur Terestrial

Komunikasi Data Infrastruktur Terestrial menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai alat untuk meakses data. Beberapa layanan yang termasuk terestrial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).

2. Melalui Satelit

Komunikasi Data Melalui Satelit biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan untuk dibangunnya infrastruktur terestrial. 

Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Faktor yang harus diperhatikan pada Komunikasi Data

1.Jumlah dan lokasi pemrosesan data

2.Jumlah dan lokasi terminal (remote)

3.Type transaksi

4.Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi.

5.Prioritas/ urgensi informasi yang disalurkan.

6.Pola lalu lintas

7.Bit error rate yang dibutuhkan.

8.Keandalan sistem yang digunakan.

9.Revenue yang mungkin didapat.

Standard Komunikasi data

Agar supaya sistem komunikasi data dapat berjalan secara lancar dan global, maka perlu dibuat suatu standar protocol yang dapat menjamin:

  1. Kompatibilitas penuh antara dua peralatan setara.
  2. Bisa melayani banyak peralatan dengan kemampuan berbeda-beda
  3. Berlaku umum dan mudah untuk dipelajari atau diterapkan

Alur Komunikasi Data

Sumber Gambar : ruangguru.com


1. Sumber (source)

Sumber ini merupakan alat atau perangkat yang dapat memunculkan data yang ingin dikirim. Contohnya, ketika kita ingin mengirim pesan teks, kita butuh alat untuk membuat pesan teks tersebut, berupa komputer dan perangkat inputnya.

2. Pengirim (transmitter)

Transmitter merupakan alat yang berfungsi untuk mengolah data yang berasal dari sumber sebelum dikirim melalui media pengiriman. Jadi, dalam sistem digital, data itu berbentuk urutan bit 0 dan 1 (kode biner). Nah, untuk mengolah kode biner ini menjadi sebuah pesan teks yang dapat dipahami manusia, diperlukanlah alat yang disebut transmitter. Contohnya seperti komputer, laptop, telepon, handphone, dan lain sebagainya.

3. Media pengiriman (transmission system)

Media pengiriman merupakan jalur pengiriman yang menghubungkan sistem sumber (source) ke sistem tujuan (destination). Jadi, media pengiriman ini berfungsi untuk mengirimkan data dari si pengirim pesan ke penerima pesan.  data tersebut harus diubah terlebih dahulu ke bentuk sinyal.

Jalur media pengiriman terbagi menjadi dua, ada jalur tunggal dan jalur kompleks. Jika data yang dikirim dari sumber ke penerima hanya melewati satu segmen jalur, maka disebut jalur tunggal. Sementara itu, jika data yang dikirim dari sumber ke penerima harus melewati beberapa rangkaian sistem, maka disebut jalur kompleks. Contoh dari media pengiriman bisa berupa kabel dan wireless.

4. Penerima (receiver)

Penerima (receiver) merupakan alat yang berfungsi untuk menerima sinyal dari media pengiriman dan mengolahnya kembali menjadi sebuah data yang dapat diproses oleh tujuan (destination). Contoh receiver di antaranya ada komputer, laptop, handphone, telepon, dan lain sebagainya.

5. Tujuan (destination)

Komponen yang terakhir adalah tujuan (destination). Berfungsi untuk mengolah data dari penerima (receiver). Jadi, di sini prosesnya itu sama seperti pada transmitter. Data yang masih berupa kode biner diolah menjadi pesan teks, sesuai dengan informasi yang dikirimkan oleh si pengirim pesan.

Latihan:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfvAJzY154Kb0Pe99kLD6IwftMV11GILmcgHW5WFb7wcuo2XA/viewform


Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data

2. Kamur Besar Bahasa Indonesia ( KBBI).

3. https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-ragam-aplikasi-komunikasi-data#:~:text=Komunikasi%20data%20adalah%20pertukaran%20data,laptop%2C%20smartphone%2C%20dan%20tablet.



Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)